Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:50 WIB | Senin, 13 Maret 2023

Polandia dan Slovakian Desak Sekutu Bantu Pesawat Tempur ke Ukraina

Kedua negara siap untuk mengirim pesawat tempur MiG-29 buatan Uni Sovyet ke Ukraina.
Perdana Menteri Finlandia, Sanna Marin, dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, memegang bunga di Tembok Peringatan Para Pembela Ukraina yang gugur dalam Perang Rusia-Ukraina, di Kiev, Ukraina, Jumat, 10 Maret 2023. (Foto: Kantor Pers Kepresidenan Ukraina via AP)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM-Para pejabat di Polandia dan Slovakia mendesak sekutu mereka untuk menyediakan jet tempur ke Ukraina, mengatakan mereka siap untuk mengirim jet tempur MiG-29 buatan Uni Soviet mereka ke Kiev sebagai bagian dari koalisi internasional.

Namun, masih belum jelas apakah ada pendukung Barat Ukraina lainnya yang siap mengambil langkah itu.

“Saya pikir sudah waktunya untuk membuat keputusan. Orang-orang di Ukraina sedang sekarat. Kami benar-benar dapat membantu mereka,” kata Menteri Pertahanan Slovakia, Jaroslav Nad, hari  Kamis (9/3) di Facebook. “Ini tidak manusiawi dan tidak bertanggung jawab.”

Pejabat Slovakia dan Polandia telah melakukan pembicaraan sebelumnya tetapi telah memperbarui banding mereka dalam beberapa hari terakhir. Kedua negara adalah anggota NATO.

Presiden Polandia, Andrzej Duda, mengatakan hari Rabu di CNN bahwa Polandia siap untuk menyediakan Ukraina dengan pesawat tempur MiG-29 dalam koalisi dengan negara lain.

Nad juga mengatakan itu adalah masalah diskusi antara dirinya dan mintranya dari Polandia pada pertemuan di Swedia pada hari Rabu dan mereka menyetujui masalah tersebut.

Kementerian Pertahanan Polandia mengatakan dalam sebuah pernyataan melalui email kepada The Associated Press bahwa Polandia “siap untuk menyerahkan jet tempur MiG-29 kami ke Ukraina sebagai bagian dari koalisi internasional.”

Ukraina telah meminta jet tempur Barat untuk memperkuat pertahanannya saat perang memasuki tahun kedua. Sementara Kiev telah mendapatkan janji tank, beberapa di antaranya sudah tiba, masih belum ada tanda-tanda bahwa negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Inggris akan setuju untuk mengirim pesawat tempur mereka. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home