Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:07 WIB | Jumat, 26 Agustus 2022

Polandia Hancurkan Monumen Tentara Merah Era Uni Sovyet

Para pekerja mulai menghancurkan monumen Tentara Merah era Soviet, di Brzeg, Polandia, pada Rabu 24 Agustus 2022. Polandia pada hari Rabu mulai menghancurkan tugu peringatan untuk tentara Tentara Merah Soviet, pengingat yang tidak diinginkan dari kekuatan yang pernah dipegang Moskow atas Polandia yang kehadirannya menjadi lebih tidak menyenangkan setelah invasi Rusia ke Ukraina. (Foto: IPN Wroclaw via AP)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM-Polandia memulai menghancurkan monument peringatan era Uni Soviet untuk tentara Tentara Merah, pengingat yang tidak diinginkan dari kekuatan yang pernah dipegang Moskow atas Polandia dan simbol yang semakin tidak menyenangkan setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Penghapusan tugu peringatan di Brzeg, di barat daya Polandia, jatuh pada Hari Kemerdekaan Ukraina pada hari Rabu (24/8), dan pada peringatan enam bulan invasi skala penuh Rusia ke Ukraina pada 24 Februari.

Ini adalah bagian dari upaya yang lebih lama untuk menghapus simbol komunis yang dibenci dari ruang publik di Polandia dan di seluruh wilayah. Polandia, seperti beberapa tetangganya, diserbu dan diduduki oleh Jerman dan Uni Soviet pada awal Perang Dunia II dan kemudian mengalami dekade pemerintahan yang didukung Moskow hingga tahun 1989.

Institut sejarah negara Polandia, Institute of National Remembrance, telah bekerja dengan komunitas lokal untuk menghapus lusinan monumen serupa era Uni Soviet.

Rafal Leskiewicz, juru bicara institut tersebut, mengatakan bahwa pada bulan Maret, ketika keputusan diumumkan untuk menghapus mereka, masih ada 60 yang berdiri. Monumen di Brzeg menandai tanggal 24 yang akan dihancurkan.

Dia mengatakan penting untuk menghapus peringatan seperti itu karena perang Rusia di Ukraina, tetapi juga karena undang-undang Polandia pada tahun 2015 meminta mereka untuk dihapus. “Tidak mungkin menyimpan monumen seperti itu di ruang publik,” katanya kepada The Associated Press.

Pekerjaan pembongkaran monumen Brzeg diperkirakan akan berlangsung beberapa hari, katanya.

Polandia, yang terletak di perbatasan barat Ukraina, telah menjadi sekutu utama Kiev, mengirimkan bantuan militer dan kemanusiaan ke negara yang dilanda perang itu. Ini juga telah menjadi tempat pengasingan bagi lebih banyak pengungsi Ukraina daripada negara tunggal lainnya.

Perkembangan di Polandia terjadi setelah pemerintah Estonia pekan lalu mulai memindahkan monumen Perang Dunia II Soviet dari dekat sebuah kota di perbatasan Rusia sebagai bagian dari upaya yang lebih luas, yang didorong oleh invasi Rusia ke Ukraina, untuk membongkar sisa simbol era Uni Soviet. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home