Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:21 WIB | Sabtu, 17 September 2022

Polandia Membeli 48 Pesawat Tempur FA-50 Korea Selatan

Pesawat itu untuk memperkuat pertahanan menghadapi potensi serangan Rusia.
Pesawat tempur FA-50 buatan Korea Selatan. (Foto: dok. Ist)

JANOW, POLANDIA, SATUHARAPAN.COM-Polandia pada hari Jumat menyegel kesepakatan senilai US$3 miliar dengan Korea Selatan untuk pembelian 48 pesawat tempur FA-50 Korea karena negara Eropa tengah itu mengambil langkah-langkah mendesak untuk meningkatkan kemampuan pencegahan dan pertahanannya di tengah perang Rusia di negara tetangga Ukraina. .

Dua kesepakatan untuk pembelian pesawat tempur dan pelatihan Fighting Falcon mengikuti kontrak yang ditandatangani bulan lalu untuk akuisisi tank dan howitzer Korea Selatan senilai US$5,8 miliar oleh Polandia.

Presiden Polandia, Andrzej Duda, yang merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata, dan Menteri Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan, Eom Dong-hwan, menghadiri upacara penandatanganan di bandara militer di Janow, dekat pangkalan angkatan udara Minsk Mazowiecki, di Polandia tengah.

Dokumen tersebut ditandatangani oleh wakil perdana menteri Polandia yang juga menteri pertahanan, Mariusz Blaszczak, yang mengatakan bahwa itu adalah “hari bersejarah lainnya ketika perspektif baru terbuka di hadapan angkatan bersenjata Polandia.”

Eom mengatakan dengan kontrak, kerja sama ditingkatkan ke tingkat yang lebih tinggi. “Sampai saat ini, kami adalah mitra. Sekarang kita dapat mengatakan bahwa kita adalah sekutu,” katanya.

Berdasarkan satu perjanjian, senilai US$700 juta, 12 pesawat pertama akan dikirimkan pada paruh kedua tahun depan. Kesepakatan kedua, diperkirakan senilai US$2,3 miliar, adalah untuk pengiriman 36 pesawat antara tahun 2025 dan 2028.

Menurut Duda, pembelian pesawat tempur FA-50 akan “memungkinkan kami untuk sepenuhnya menghentikan penggunaan MiG-29 (buatan Soviet) dan Su-22” yang sekarang dimiliki angkatan bersenjata Polandia, sebagai warisan beberapa dekade yang lalu, ketika itu milik Pakta Warsawa yang dipimpin Moskow.

Duda mengatakan Korea melihat kesepakatan itu sebagai "pembukaan bagi pesawat tempur Korea Selatan ke pasar Uni Eropa dan NATO."

Pesawat ringan dengan dua tempat duduk tersebut dibuat oleh Korea Aerospace Industries bersama-sama dengan perusahaan Amerika Serikat Lockheed Martin, dan kompatibel dengan pesawat tempur F-16 buatan AS yang dilengkapi dengan angkatan udara Polandia dan dengan pesawat tempur F-35A yang dikontrak, menurut Kementerian Pertahanan Polandia.

Kesepakatan tersebut mencakup pelatihan, logistik, dan transfer beberapa teknologi layanan. Warsawa mengatakan ini adalah salah satu kesepakatan pertahanan terbesar dan terpenting Polandia dalam beberapa tahun terakhir.

Polandia, seperti negara-negara Eropa lainnya dan Amerika Serikat, telah mengirim peralatan militer ke Ukraina sejak invasi Rusia. Warsawa berusaha untuk mengganti beberapa peralatan itu, termasuk dengan tank Abrams buatan AS.(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home