Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 09:01 WIB | Rabu, 09 Maret 2016

Polda Metro Sidak Gudang Beras Impor Ilegal

Ilustrasi. Beras impor yang baru datang dari Thailand di Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta Utara beberapa waktu yang lalu. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Petugas Polda Metro Jaya bersama Kementerian Pertanian melakukan inspeksi mendadak (Sidak) gudang beras impor ilegal dari Vietnam di Pergudangan Elang Laut Blok 10 Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara pada hari Selasa (8/3).

"Beras impor ilegal itu jelas merugikan petani karena harganya semakin jatuh," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian di Jakarta.

Tito menyebutkan anggota Polda Metro Jaya menemukan 354 ton beras impor tanpa izin dari Vietnam dengan berbagai merk yang disimpan pada salah satu gudang.

Diungkapkan mantan Kapolda Papua itu, beras tersebut dikemas menggunakan merek dan perusahaan tertentu dengan kualitas yang rendah.

Tito menuturkan peredaran beras itu merusak perekonomian dan pangsa pasar petani lokal di Indonesia.

Jenderal polisi bintang dua itu mengungkapkan polisi masih memburu pemilik gudang penyimpanan beras ilegal itu.

Saat ini, petugas telah menginterogasi lima orang saksi terkait dengan penimbunan beras impor itu guna penyelidikan lebih lanjut.

Sementara itu, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menjelaskan peredaran beras impor itu akan menekan harga beras di kalangan petani.

Terlebih saat memasuki masa panen akan berdampak langsung terhadap petani di Indonesia, ujar Andi Amran Sulaiman. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home