Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:17 WIB | Kamis, 12 Mei 2022

Polisi Asal Polandia Bantu Perbaiki Ban Mobil Lech Walesa di AS

Foto yang disediakan oleh Kepolisian Negara Bagian Connecticut ini menunjukkan Trooper Lukasz Lipert berjabat tangan dengan mantan Presiden Polandia, Lech Walesa ,di Interstate 84 di Tolland, Connecticut, pada Rabu, 11 Mei 2022. Polisi negara bagian mengatakan Lipert menanggapi panggilan sebuah SUV yang bannya kempes, dan disambut oleh Walesa, menghadiri acara di Hartford pada hari Selasa sebagai bagian dari turnya di AS untuk mengadvokasi bantuan bagi para pengungsi yang telah melarikan diri dari Ukraina selama perang dengan Rusia. (Foto: Polisi Negara Bagian Connecticut via AP)

CONNECTICUT, SATUHARAPAN.COM-Seorang polisi negara bagian Connecticut Amerika Serikat yang berasal dari Polandia mendapat kejutan saat merespons sebuah mobil SUV dengan ban kempes pada hari Rabu (11/5). Peorang penumpang di dalam kendaraan itu adalah mantan Presiden Polandia, Lech Walesa.

Polisi negara bagian mengatakan Trooper Lukasz Lipert tiba di Tolland, Connecticut, dan disambut oleh Walesa, yang telah berbicara di Hartford pada hari Selasa (10/5) sebagai bagian dari turnya di AS untuk mengadvokasi bantuan bagi para pengungsi yang telah melarikan diri dari Ukraina selama perang dengan Rusia.

Lipert, 35 tahun, yang datang ke AS ketika berusia 18 tahun, mengatakan kepada The Hartford Courant bahwa dia berbicara dengan Walesa dalam bahasa Polandia tentang tanah air mereka dan gerakan anti komunis yang dibantu Walesa memimpin.

“Ini jelas merupakan kesempatan besar untuk bertemu dengan pria yang memiliki suara pada saat itu,” kata Lipert. “Itu pasti pengalaman yang luar biasa.”

Walesa, 78 tahun, adalah memimpin gerakan Solidaritas nasional (dikenal sebagai Solidarnosc) di Polandia pada 1980-an yang akhirnya menggulingkan para pemimpin komunis Polandia melalui pemilihan pada tahun 1989.

Dia adalah ketau serikat buruh galangan kapal di Gdank, dan kemudian dia menerima Hadiah Nobel pada 1983 dan menjabat sebagai presiden Polandia pertama yang dipilih secara populer dari 1990 hingga 1995. Dia adalah seorang yang kuat, dan juga menjadi kritikus terhadap pemerintah sayap kanan Polandia saat ini.

Seorang pekerja servis kendaraan kemudian mengganti ban dan Walesa melanjutkan perjalanannya menuruni Interstate 84. Salah satu perhentian berikutnya adalah sebuah acara di Boston pada hari Senin.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home