Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 16:19 WIB | Sabtu, 02 April 2022

Polisi Bongkar Kecurangan Minyak Goreng Curah Menjadi Kemasan Bermerk

Polisi dan barang bukti kecurangan mengubah minyak goreng curah menjadi kemasan di Kalimantan Tengah, tersangka di latar belakang. (Foto: dok. Ist)

PALANGKA RAYA, SATUHARAPAN.COM-Jajaran Kepolisian Banten membongkar kecurangan CV Jongjing Pratama beralamat di Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang yang mengubah minyak goreng curah menjadi minyak kemasan bermerk "Laban" dan dijual dengan harga Rp 20.000/liter demi keuntungan perusahaan.

Modus yang sama, mengubah minyak goreng curah menjadi minyak goreng kemasan, juga terjadi di Kalimantan Tengah. Kali ini modus itu dilakukan oleh pelaku seorang perempuan inisial H (32 tahun) warga Kabupaten Murung Raya (Mura), Kalimantan Tengah.

Pelaku ditangkap pada 30 Maret 2022 di Jalan Kolonel Untung Surapati, Puruk Cahu. Motif pelaku H berlaku curang itu demi mendapatkan keuntungan lebih banyak dengan memanfaatkan kondisi mahalnya harga minyak goreng sekarang.

Menurut keterangan Kapolres Murung Raya, AKBP I Gede Putu Widyana, di Puruk Cahu, Jumat (1/4), barang bukti telah disita dari tersangka yaitu minyak goreng curah sebanyak 2.678 liter atau 2,6 ton yang sudah berada dalam beberapa kemasan.

Kapolres didampingi Kepala Disperindagkop UKM Murung Raya Nyarutono Tunjan dan Kasat Reskrim Polres Murung Raya AKP Deni Langie mengatakan, minyak goreng curah tersebut dikemas dan diberi label dengan merk “Toko Surya Mas Minyak Goreng Kunci Mas” dan dijual dengan harga Rp 26 ribu per liter.

Dari hasil pemeriksaan terhadap tersangka H, Kapolres juga mengatakan aksi menyulap minyak goreng curah ke kemasan tersebut dilakukannya sejak Februari 2022 lalu dan dijual dari rumah ke rumah.

Pelaku mendapatkan minyak goreng curah dengan membeli dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan untuk meyakinkan pembeli, tersangka menamai produknya berasal dari merk terkenal.

Polri akan terus memantau ke lapangan untuk dapat mengungkap para pelaku yang curang mengubah minyak curah jadi minyak kemasan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home