Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 17:46 WIB | Kamis, 19 November 2015

Polisi Bosnia Tangkap 6 Serbia Atas Kejahatan Perang

Ilustrasi: Polisi Bosnia. (Foto: Dok satuharapan.com)

SARAJEVO, SATUHARAPAN.COM – Polisi Bosnia, Rabu (18/11), menangkap lima pejabat era Perang Balkan dan seorang mantan politikus, semuanya merupakan warga etnis Serbia, karena mereka diduga terlibat atas pembunuhan ribuan warga sipil dalam konflik pada 1990-an.

“Mereka, selaku pejabat militer senior, diduga terlibat pengusiran sekitar 5.000 warga sipil etnis Muslim Bosnia dan Kroasia dari Kotor Varos,” menurut keterangan kejaksaan. Kotor Varos adalah kota di barat laut Bosnia.

“Sedikitnya 300 orang tewas” akibat operasi tersebut, yang mencakup aksi “penyiksaan, pemerkosaan, penahanan ilegal dan penjarahan,” menurut pernyataan kejaksaan, seraya menambahkan bahwa sebagian besar kasus itu terjadi pada 1992, awal konflik di Bosnia.

Perang Bosnia yang terjadi pada 1992 hingga 1995 antara etnis Kroasia, Muslim Bosnia, dan Serbia merenggut sekitar 100.000korban jiwa dan menyebabkan sekitar dua juta warga mengungsi.

Pada Selasa, kepolisian Bosnia meringkus tiga pria Muslim Bosnia yang diduga melakukan kejahatan perang terhadap warga sipil etnis Serbia saat mereka masih menjabat sebagai polisi dan komandan militer. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home