Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 16:22 WIB | Kamis, 17 Maret 2022

Polisi Gagalkan Penyelundupan Satu Ton Sabu dari Iran di Pangandaran, Jawa Barat

Polisi dan satu ton sabu yang disita. (Foto: Humas Polda Jabar)

PANGANDARAN, SATUHARAPAN.COM- Subdit 1 Direkrorat Reserse Narkoba Polda Jawa Barat  menggagalkan penyelundupan satu ton sabu asal Iran di Pantai Madasari Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, hari Rabu, (16/3).

Selain mengamankan barang bukti sabu sebanyak satu ton, polisi pun menangkap empat orang pria yang diduga terlibat dalam penyelundupan narkoba tersebut.

 Direktur Ditresnarkoba Polda Jabar, Kombes Pol. Johannes R. Manalu, bersama Wakil Direktur Ditresnarkoba AKBP, Nuredy Irwansyah, membenarkan telah menggagalkan masuknya narkoba sabu jaringan internasional asal Iran yang hendak masuk ke wilayah Indonesia melalui parairan internasional dan masuk ke Pantai Mandasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, menggunakan kapal nelayan untuk membawa sabu tersebut.

Kombes Pol. Johannes R. Manalu, mengatakan sebanyak lima orang tersangka yang ditangkap, satu di antaranya merupakan warga negara asing (WNA).

"Ada 66 karung yang berisi kotak tupperware dan bungkusan lakban bening yang diduga berisikan sabu dengan perhitungan kasar lebih kurang bruto 1.000 kilogram," katanya.

Direktur Ditresnarkoba Polda Jabar menjelaskan empat tersangka itu berinisial DH, HH, AH, NS, dan M yang merupakan WNA, dan semuanya telah ditahan polisi. "Mereka diduga kuat terlibat dalam tindak pidana kepemilikan narkotika jenis sabu tersebut," katanya.

Dijelaskan, jenis sabu seberat satu ton itu ditemukan disembunyikan dalam perahu yang dibungkus dalam karung setelah diangkut dari kapal ikan tradisional yang berada di perairan internasional.

Informasi yang diterima bahwa ada sejumlah transaksi yang dilakukan di laut dengan metode antar kapal di sekitar perairan selatan Jawa Barat.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home