Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:23 WIB | Minggu, 16 Oktober 2022

Polisi Iran Dituduh Bertindak Tak Senonoh Ketika Bubarkan Demonstrasi

Demonstrasi digelar dalam beberapa pekan terakhir sebagai protes atas kematian Mahsa Amini oleh polisi moralitas di Teheran.
Seorang perempuan disentuh secara tidak senonoh selama protes di Iran. (Foto: Tangkapan layar dari video)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Sebuah video terverifikasi dari pasukan anti huru hara di Iran yang menyerang seorang pengunjuk rasa perempuan telah memicu kecaman di media sosial.

Diverifikasi dan dilaporkan oleh BBC pada hari Jumat (14/10), dua video menunjukkan sekelompok petugas mengenakan alat pelindung dengan kasar menganiaya pengunjuk rasa, dengan setidaknya satu meraba-raba korban perempuan.

Dalam satu contoh, ketika seorang pengunjuk rasa berjalan ke arah sekelompok petugas, korban terlihat secara tidak pantas disentuh dari samping oleh seorang petugas, sementara rambutnya ditarik ke belakang dengan kasar oleh petugas lain.

Dia juga terlihat berteriak ketika dia kemudian ditarik oleh pasukan keamanan Iran sebelum sesama demonstran membawanya pergi.

Video lain yang dibagikan di klip BBC yang sama menunjukkan sekelompok petugas dengan perlengkapan anti huru-hara dengan paksa mendorong seseorang ke arah kendaraan roda dua sebelum secara tidak tepat senonoh memegang bagian belakang perempuan itu.

Korban terlepas dari cengkeraman petugas dan tak lama kemudian jatuh ke tanah. Insiden itu dilaporkan terjadi di Lapangan Argentina, Teheran, dengan banyak yang menyerukan tindakan tegas terhadap para pelaku.

Insiden ini menambah banyak video yang dibagikan oleh pengunjuk rasa, meskipun ada laporan pemblokiran internet, yang menunjukkan interaksi kekerasan antara pasukan keamanan dan pengunjuk rasa.

Kantor Humas Polisi Teheran mengatakan insiden itu sedang diselidiki, menurut kantor berita negara IRNA.

Pernyataan polisi tidak memberikan perincian tentang apa yang terjadi, tetapi mengatakan bahwa "musuh yang menggunakan perang psikologis mencoba menimbulkan kecemasan publik dan menghasut kekerasan," lapor BBC.

“Apakah Anda telah melakukan pelecehan terhadap gadis-gadis di negeri ini dari penjara (Anda) ke jalan-jalan terbuka dengan tujuan untuk meneriakkan (pada kami) di depan umum kecabulan, nafsu, dan kekotoran Anda?” tanya seorang pengguna media sosial bernama Atefeh.

Protes itu dipicu oleh kematian Mahsa Amini, 22 tahun, pada 16 September. Pasukan keamanan Iran telah membunuh 224 orang, termasuk 29 anak di bawah umur, dalam protes anti pemerintah, menurut Kantor Berita Aktivis Hak Asasi Manusia (HRANA), sebuah situs berita yang dijalankan oleh kolektif pembela hak asasi manusia Iran.

Kerusuhan terus berlanjut meskipun apa yang disebut Amnesty International sebagai "penumpasan brutal tanpa henti" yang mencakup "serangan habis-habisan terhadap pengunjuk rasa anak" - yang menyebabkan kematian setidaknya 23 anak di bawah umur.

Protes dengan cepat meningkat dan berubah menjadi politik dengan demonstrasi yang terjadi di seluruh negeri. Para pengunjuk rasa telah meneriakkan terhadap Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei dan menyerukan kejatuhan rezim. (denga BBC/Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home