Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 08:42 WIB | Jumat, 29 Juli 2022

Polisi Jakarta Barat Tangkap Dua Kurir dan Sita 137 Kg Ganja Kering

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Endra Zulpan, (tengah). (Foto Humas Polda Metro Jaya)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat mengamankan dua orang kurir narkoba dan ratusan kilogram narkoba jenis ganja kering siap edar dari jaringan lintas provinsi asal Sumatera. Dari penangkapan tersebut petugas mengamankan kurir berinisial RN dan FA.

Kedua tersangka mendapat upah Rp5 juta sekali antar dan mendapat jatah 10 kilogram ganja. Sebanyak 150 paket dengan berat 137 kilogram ganja kering siap edar diamankan polisi. Ratusan kilogram ganja tersebut rencananya akan diedarkan di wilayah Jakarta.

Pengungkapan peredaran narkoba jenis ganja itu dilakukan pada 25 Juli 2022 di kawasan Mandailing Natal, Sumatera Utara berdasarkan hasil pengembangan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Endra Zulpan, mengatakan, kedua tersangka mendapat perintah dari seseorang yang masuk daftar pencarian orang (DPO). "Setelah mendapat perintah mereka mengambil barang ganja ini kemudian dengan menggunakan mobil dibawa melalui perjalanan darat dikirim ke Padang dan Jakarta untuk diedarkan," katanya, Kamis (28/7).

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes. Pol. Pasma Royce, mengatakan, pengungkapan ini merupakan hasil pengembangan kasus sebelumnya, di bawah pimpinan Kasatres Narkoba, AKBP Akmal, dan kanit 3, Akp Laksamana.

Dua orang pelaku yang bertugas selaku sudah tiga kali menjadi kurir. "Bahwa pelaku kurir yang kami amankan ini sudah tiga kali beraksi. Dengan upah Rp5 juta dan 10 kilogram ganja. Sudah tiga kali mereka mengantar," jelasnya.

Kapolres menuturkan, ganja tersebut merupakan jaringan lintas Sumatera-Jawa. Rencananya ganja tersebut akan diedarkan di wilayah Jakarta.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 114 ayat 2 Subsider Pasal 111 ayat 2 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home