Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 18:23 WIB | Rabu, 13 April 2016

Polisi Merauke Telah Bebaskan Aktivis Papua Barat

Aparat polisi dan TNI membongkar panggung unjuk rasa damai yang dilakukan oleh aktivis KPNB di lapangan Kampung Bhintuka-SP13 di Mimika, Kabupaten Timika, Papua (Foto: bennywenda.org)

MERAUKE, SATUHARAPAN.COM – Direktur Sekretariat Keadilan dan Perdamaian (SKP) Keuskupan Agung Merauke, Pastor Anselmus Amo MSC, menyampaikan bahwa semua pengurus Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Ha-Anim dan Kantor Parlemen Rakyat Daerah (PRD) Wilayah Merauke yang sebelumnya ditahan oleh Kepolisian Polres Merauke telah dibebaskan pada hari Rabu (13/4) sore sekitar pukul 18.00 Waktu Indonesia Timur.

“Baru saja saya ditelepon oleh Ibu Pangkrasia (Ketua PRD) yang mengatakan bahwa mereka semua sudah kembali ke rumahnya masing-masing,” kata Pastor Anselmus melalui pesan singkat pada satuharapan.com, pada hari Rabu (13/4) sore pukul 16.01 Waktu Indonesia Barat.

Menurut Anselmus, semua pengurus KNPB dan PRD tidak mengalami penyiksaan fisik dan sejumlah barang yang sebelumnya diambil telah dikembalikan oleh Porles Merauke.

“Tidak ada penyiksaan fisik. Investaris barang seperti motor sudah dikembalikan. Kecuali hardisk, toa, kotak sumbangan revolusi dan hal lain terkait data-data kantor,” sebutnya.

Sebelumnya Tokoh United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Markus Haluk melaporkan bahwa Kepolisian Polres Merauke yang dipimpin oleh Kabag Ops. Kompol Marten Kuagow mendatangi Sekretariat KNPB Wilayah Ha-Anim dan Kantor PRD Wilayah Merauke pada hari Rabu (13/4) pagi sekitar pukul 8.00 WIB.

Menurut Markus, kedatangan aparat penengak hukum itu menggunakan dua mobil Dalmas, satu mobil kijang, satu buah mobil pikap.

“Kemudian mereka menggerebek Sekretariat atau Kantor dan menangkap ketua PRD, Sektum PRD, Sekretaris I PRD, Ketum KNPB, Ketua I KNPB, Bendahara KNPB dan beberapa anggota KNPB,” kata Markus Haluk melalui pesan singkat pada satuharapan.com.

Berikut nama-nama aktivis Papua Barat yang telah dibebaskan oleh kepolisian Polres Merauke.

Pangkrasia Yeem MP (Ketua PRD)

Petrus Katem MP (Sektum PRD)

Idelfonsius Katop MP (Sekretaris l PRD)

Yohakim Gebze MP (Ketua PRS Makleuw)

Gento Emerikus Dop (Ketum KNPB Wil. Ha-Anim)

Charles Sraun (Ketua l KNPB Wil. Ha-Anim)

Emilianus Nemop (Bendahara KNPB Wil. Ha-Anim)

Rikardo Pisakai (Ketua Dikpol KNPB Wil. Ha-Anim)

Oktovianus Warip (Anggota KNPB)

Petrus P. Koweng (Anggota KNPB)

Lukas Arawok (Anggota KNPB)

Simon Taulemi (Anggota KNPB)

Paustinus K. Metemko

Para aktivis Papua Barat ini sebelumnya berkumpul untuk persiapan aksi unjuk rasa mendukung ULMWP untuk menjadi anggota penuh Melanesia Spearhead Group (MSG).

Sementara itu dari pihak kepolisian Merauke belum dapat dimintai keterangan terkait pembebasan pengurus PRD dan KNPB ini.

Editor : Bayu Probo


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home