Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 17:47 WIB | Selasa, 21 Juli 2015

Polisi Selidiki Pelaku Pembakaran Pintu Gereja GBI di Bantul

Ilustrasi. (Foto:doorsbydecora.net)

BANTUL, SATUHARAPAN.COM – Gereja Baptis Indonesia (GBI) Saman di Dusun Saman, Desa Bangungharjo, Sewon, Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dibakar sekelompok orang tidak dikenal, pada Senin (20/7) dini hari. Namun, api tidak melahap seluruh bagian bangunan, setelah masyarakat setempat berhasil memadamkannya.

"Memang benar, tanggal 20 Juli, jam 02.30 WIB dini hari, Gereja Saman di Sewon, Bantul, terjadi percobaan pembakaran," kata juru bicara Polda DIY Yogyakarta, Anny Pudjiastuti, seperti dikutip dari BBC, Selasa (21/7).

Menurut dia, api tidak sempat menjalar lebih luas, hanya merusak pintu GBI Saman, yang terletak di Jalan Dirgantara, Bangunharjo, Sewon, Kecamatan Bantul. "Pintu gereja dalam keadaan hangus," kata Anny.

Ban Dibakar

Menurut informasi yang dihimpun dari Kepolisian Daerah (Polda) DIY, sejumlah warga melihat ada sebuah ban sepeda motor dibakar digantung di pintu bangunan peribadatan tersebut. Para warga itu kemudian memadamkannya, sehingga api tidak melalap gereja tersebut.

Menurut Anny, saksi mata tidak melihat para pelaku yang mencoba melakukan upaya pembakaran gereja tersebut.

Pekan lalu, sebuah ormas Front Jihad Islam (FJI) berupaya mendatangi pimpinan gereja terseebut untuk menolak rencana pembangunan gereja lainnya. Namun, Polda DIY belum menemukan kaitan peristiwa ini dengan sikap FJI.

"Kita masih menyelidiki, mendalami siapa pelakunya. Apakah ada kaitan dengan peristiwa itu, kita belum bisa menyimpulkan," ujar Anny.

Dia mengatakan, Polda DIY telah menurunkan anggotanya untuk menjaga bangunan gereja tersebut.

Kronologi

Berikut kronologi munculnya api hingga upaya warga memadamkannya berdasarkan keterangan saksi mata, seorang warga bernama Yuhria (42), yang dikonfirmasi oleh Kabid Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti.

Berawal dari terlihat tiga orang tak dikenal mendatangi gereja. Mereka menggunakan dua unit sepeda motor. Kemudian, sekitar pukul 02.45 WIB, saksi melihat api di bangunan gereja, dia lalu berteriak-teriak sambil menggedor rumah di sekitar bangunan gereja guna memberi tahu gereja terbakar.

Setelah itu, warga berupaya memadamkan api dengan menyiramnya memakai air. Kemudian, sekitar pukul 03.00 WIB, kebakaran berhasil dipadamkan warga.

Di depan pintu gereja terlihat ban bekas digantung dan tercium bau bensin dari ban itu. Pintu depan gereja hangus, karpet dan pralon terbakar.

Tim Kepolisian Resort (Polres) Bantul mendatangi gereja untuk olah tempat kejadian perkara dipimpin Kepala Satuan Reserse Kriminal AKP M Kasim Akbar Bantilan, SIK. (BBC/CNN Indonesia)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home