Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 07:23 WIB | Jumat, 28 Oktober 2016

Polres Sorong Siapkan 475 Personel Amankan Pilkada

Ilustrasi. Para pengunjuk rasa saat bentrok dengan petugas polisi saat simulasi penanganan pemilu yang digelar oleh Polda Metro Jaya di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (7/2) (Foto: Dedy Istanto).

SORONG, SATUHARAPAN.COM – Kepolisian Resor Sorong Kota menyiapkan 475 personel guna mengamankan proses pencoblosan pemilihan gubernur dan wali kota setempat pada pilkada serentak 2017.

Kapolres Sorong Kota AKBP Edfie R Maith di Sorong, hari Jumat (28/10) mengatakan personel tersebut akan disebarkan ke TPS guna membantu Linmas (perlindungan masyarakat) mengamankan proses pencoblosan agar tidak terjadi kecurangan dan hal-hal lainnya yang dapat menimbulkan konflik.

Dia mengatakan bahwa anggotanya telah mengikuti pelatihan "Pra Ops Pilkada" yang tujuannya untuk mempersiapkan anggota dalam pelaksanaan tugas pengamanan sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses pelaksanaan Pilkada.

“Anggota juga dibekali dengan materi Pilkada seperti peraturan-peraturan terbaru yang ditetapkan KPU pengawasan berjalan dengan baik sehingga Pilkada aman dan lancar bebas gugatan,” kata Edfie.

Pola pengamanan pencoblosan, kata dia, TPS yang dianggap aman ditempati satu orang anggota polisi dan TPS yang dianggap rawan ditempati dua orang anggota.

Ia mengatakan bahwa Kepolisian melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan agar menjaga keamanan sehingga tahapan Pilkada berjalan aman dan lancar.

Kapolres mengimbau agar masyarakat Kota Sorong tidak mudah terprovokasi dan terpancing isu-isu yang menimbulkan konflik pada tahapan Pilkada serentak 2017.(Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home