Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 12:30 WIB | Senin, 20 Juni 2022

Polri Ajukan Pembentukan Polres Khusus di IKN Nusantara

Suasana prosesi penyatuan tanah air Nusantara di tempat yang akan menjadi ibu kota negara Nusantara. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Polri mengajuan pembentukan Kepolisian Resort (Polres) Khusus di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. "Untuk konsep pembentukan Polres khusus IKN ini sedang diajukan," kata Kadiv Humas Polri, Irjen. Pol. Dedi Prasetyo, hari Minggu (19/6).

Dikatakan bahwa tahun ini Polri masih fokus mengusulkan dan menggodok mengenai konsep polres khusus IKN.

Kemudian, Polres khusus IKN Nusantara sudah harus dipersiapkan mulai tahun depan. "Tahun depan kan sudah harus dipersiapkan, karena tahun 2024 diharapkan secara bertahap kita sudah mulai berkantor di IKN," katanya.

Sementara itu, Korps Brigade Mobil (Brimob) juga akan ditempatkan di IKN. Brimob di IKN akan dipimpin seorang perwira tinggi dengan pangkat brigadir jenderal.

"Nanti akan dipimpin oleh perwira tinggi bintang satu dalam rangka untuk mengamankan penguatan IKN agar pembangunan IKN betul-betul sesuai dengan timeline yang sudah ditetapkan pemerintah," kata Dedi.

Polres khusus dan polsek di Ibu Kota Negara Nusantara diharapkan bisa terealisasi pada 2023. Sementara perpindahan Mabes Polri direncanakan terwujud pada tahun 2024.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengatakan, sebanyak 60.000 aparatur sipil negara (ASN), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan pindah ke ibu kota negara (IKN) Nusantara pada tahun 2024.

Jumlah tersebut merupakan tahap pertama yang sudah dibicarakan dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home