Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 07:48 WIB | Minggu, 22 Januari 2023

Polri Bagikan Tips Mudik Aman Jalur Pantai Selatan

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi meninjau kesiapan sejumlah jalur alternatif yang akan digunakan pada mudik lebaran 2023. (HO-Korlantas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi memberikan tips aman untuk pemudik yang akan melewati jalur alternatif di Pantai Selatan (Pansela) pada mudik Lebaran 2023.

"Pertama diatur waktu berangkatnya supaya bisa santai menikmati jalanan jalur pansela, sepanjang perjalanann juga terdapat tempat-tempat singgah, tempat makan, yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak, tadi saya lihat SPBU juga sudah lebih banyak di jalur pansela dibandingkan tahun lalu," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (21/1) malam.

Firman juga menuturkan kondisi yang prima bagi pengemudi akan membuat konsentrasi fokus, dengan begitu potensi kecelakaan akan terminimalisir.

"Kalau sudah di jalan raya itu tidak boleh lengah, intinya kalau kita berbicara tentang keselamatan di jalan semua tentang dalam kondisi siaga, sehingga harus sehat kalau sudah di jalan," pesannya.

Selain itu, Firman menyarankan agar masyarakat yang akan mudik melalui jalur pansela untuk menggunakan kendaraan roda empat, pengendara juga diminta untuk memeriksakan kondisi kendaraan terlebih dahulu agar layak jalan.

"Imbauan kami bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik agar bisa tetap dengan gembira melaksanakan mudik, pastikan kendaraan aman digunakan, kami juga mengimbau kalau bisa jangan pakai kendaraan roda dua, tetap menggunakan kendaraan roda empat saat mudik , kendaraan roda dua bisa dititipkan ke truk, angkutan laut, kereta api seperti pada tahun sebelumnya, saran ini lebih pada untuk keselamatan pengemudi" jelas Firman.

Peninjauan jalur pansela hari terakhir dimulai dari Pangandaran menuju Kalipucang, Kawunganten, Cilacap, Karangbolong, Kebumen, Kulonprogo, dan berakhir di Yogjakarta.

Kakorlantas juga melakukan pengecekan di underpas airport internasional Yogjakarta dan jembatan Kretek dua, Yogjakarta.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home