Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 17:32 WIB | Sabtu, 09 Januari 2021

Polri Bentuk Tim Khusus Respons Temuan Komnas HAM

Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kapolri Jenderal Idham Azis membentuk tim khusus merespon temuan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait insiden penembakan anggota laskar FPI.

“Kapolri Jenderal Idham Azis merespons dengan menginstruksikan membentuk tim khusus (Bareskrim Polri, Divisi Hukum Polri, dan Divisi Propam Polri) untuk menindaklanjuti temuan dari Komnas HAM,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono melalui keterangan tertulis, hari Sabtu (9/1/2021).

Melalui tim khusus ini Polri akan mengusut oknum terkait penemuan Komnas HAM secara terbuka dan profesional. “Tentunya tim khusus ini akan bekerja maksimal, profesional dan terbuka dalam mengusut oknum anggota polisi terkait kasus itu,” katanya.

Komnas HAM sebelumnya memaparkan hasil investigasi peristiwa tewasnya enam orang laskar FPI. Hasilnya, Komnas HAM menemukan adanya pelanggaran HAM pada kasus tewasnya empat orang laskar FPI.

Komnas HAM menjelaskan bukti-bukti yang mereka peroleh mulai dari temuan di lapangan, voice note, hingga screenshotCCTV. Komnas HAM juga telah memeriksa polisi, keluarga korban, pihak FPI, hingga saksi di lokasi. Komnas HAM memanggil pula sejumlah ahli.

Salah satu hasilnya menunjukkan memang ada peristiwa pembuntutan terhadap Muhammad Rizieq Shihab (MRS) oleh polisi pada saat itu. Dalam proses itu, ada enam orang laskar FPI yang tewas dalam dua konteks yang berbeda.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home