Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 08:46 WIB | Selasa, 17 Agustus 2021

Polri: LSM Syam Organizer Galang Dana untuk Teroris Jamaah Islamiyah

Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan. (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Tim Densus 88 Antiteror Polri menggeledah kantor sekretariat LSM Syam Organizer di Kompleks Patramaya, Jalan Ciptakarya 1 Nomor 28, Bandung. Lokasi tersebut diduga sebagai tempat penggalang dana aksi terorisme.

Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, mengatakan penggeleledahan kantor Syam Organizer dilakukan setelah Polri dan meringkus salah satu terduga teroris Jawa Barat berinisial RH.

“RH berperan sebagai ketua Ibtisod Bithonah dan penanggung jawa program yang dijalankan kelompok tersebut. Kemudian dia juga bermufakat dengan tersangka AYR dan US yang telah ditangkap, dalam hal peningkatan perekonomian anggota Jamaah Islamiyah,” kata Ahmad Ramadhan, Senin (16/8).

“Syam Organizer sendiri merupakan yayasan amal milik organisasi Jamaah Islamiyah yang berkantor pusat di Yogyakarta,” lanjutnya.

Ramadhan menjelaskan, Syam Organizer membentuk beberapa jenis penggalangan dana untuk operasional Jamaah Islamiyah. Mulai dari program pengiriman air bersih ke Palestina dan memiliki tiga sumur air di Suriah, Save Children di Suriah dan Palestina, Kurban Peduli Syam dan Ramadhan Peduli Syam, serta Syam Productive Asssistant.

“Rata-rata berbentuk program kemanusiaan, untuk menarik simpati masyarakat dan menghindari kecurigaan aparat,” katanya.

“Untuk memperoleh dananya, mereka mengedarkan celengan dan kotak amal ke masyarakat, mengadakan tabungan kurban, menyelenggarakan tablig akbar dengan berkoordinasi dengan pihak masjid dengan mengundang ustad, kemudian menggalang dana langsung ke jamaah yang hadir. Bahkan juga menyebarkan nomor rekening ke jamaah,” kata Ramadhan.

Dana yang berhasil didapatkan Syam Organizer tersebut nantinya akan diserahkan ke organisasi Jamaah Islamiyah (JI), yang kemudian digunakan untuk memberangkatkan anggotanya ke Suriah.

Selain itu, dana tersebut juga akan diserahkan ke Syam Organizer pusat yang berada di Yogyakarta untuk digunakan sebagai biaya operasional, salah satunya pembelian kebutuhan logistik.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home