Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 07:29 WIB | Selasa, 04 Februari 2020

Polsek Nabire Sampaikan Pesan Kamtibmas di Sekolah Advent

Ipda Nasirun saat menjadi pembina upacara di SD, SMP dan SMA Advent Nabire, Kabupaten Nabire, Papua, Senin (3/2/2020). (Foto: Antara /HO-Humas Polda Papua)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM - Kepala Unit Binmas Polsek Nabire Kota Ipda Nasirun menyampaikan pesan Kamtibmas kepada ratusan pelajar SD, SMP dan SMA Advent Nabire, Kabupaten Nabire, Papua.

Pesan ini disampaikan oleh Kanit Binmas Polsek Nabire Kota Ipda Nasirun didampingi Panit Binmas II Polsek Nabire Kota Aipda Ngatman dan Kasium Polsek Nabire Kota Aipda Christian Maitimu sebagaimana rilis yang diterima ANTARA di Kota Jayapura, Senin (3/2) malam.

Dalam amanatnya dihadapan para guru dan ratusan pelajar saat mengikuti upacara bendera, Ipda Nasirun menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah memberikan waktu kepada Polres Nabire melalui Polsek Nabire Kota untuk menjadi pembina dalam upacara tersebut.

"Upacara bendera seperti ini adalah salah satu media untuk membina karakter dan kepribadiaan sebagai warga negara yang baik sesuai idiologi Bangsa Indonesia yaitu Pancasila dan Konstitusi Indonesia yaitu UUD 1945," katanya.

Disamping itu, kata dia, sebagai bangsa yang besar harus menghargai jasa para pejuang pendiri bangsa, bisa melalui upacara sebagai bukti bahwa generasi muda sebagai anak bangsa cinta terhadap tanah air Indonesia, dari Sambang sampai Merauke, serta menghormati lambang-lambang negara.

"Sekolah adalah tempat menimba ilmu, membangun dan membina mental kepribadian/budi pekerti, dan sebagai pelajar, tugas pokoknya adalah belajar menuntut ilmu dibangku sekolah dan mengikuti proses belajar mengajar di sekolah dengan baik, disiplin, serta taat terhadap bpk/ibu guru apalagi sekolah yayasan yang siap membangun mental kerohanian yang handal untuk kesatuan bangsa," katanya.

Pada momentum itu, Ipda Nasirun juga mengajak agar para pelajar bisa mencegah diri dan hindari perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji seperti penyalahgunaan narkoba, minuman keras, pergaulan bebas atau seks bebas, pornografi, tawuran pelajar, kebut-kebutan di jalan, geng motor, dan penyebaran berita hoax/bohong.

"Manfaatkan waktu dengan kegiatan untuk hal-hal yang positif seperti seni budaya, kegiatan keagamaan, Pramuka, olah raga, PMR dan lainnya, yang dikemudian hari dapat mendukung masa depan adik-adik sekalian," katanya.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, terutama media sosial, kata dia, para pelajar harus cerdas dan bijak dalam penggunaan handphone dan media sosial.

"Adik-adik bisa memilah dan memilih berita atau informasi yang mendidik untuk kemajuan generasi muda bangsa kedepan. Tidak menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian, rasisme. Bila ada berita yang provokatif dan membuat resah agar segera dihapus atau dilaporkan kepada pihak yang berwajib," katanya.

"Saya merasa bangga kepada adik-adik semua bahwa suasana kekeluargaan, kesejukan dan kedamaian ada disekolah ini, walaupun kita berbeda beda tapi kita adalah satu yaitu Bangsa Indonesia yang sudah diikat degan Ke-Bhinekaan Tunggal Ika," katanya.

Selesai upacara, Ipda Nasirun menyampaikan dan menginformasikan bahwa telah dibuka penerimaan Bintara Noken khusus putra asli Papua baik dari pesisir pantai maupun pegunungan dengan persyaratan yamat SMA, maupun Sarjana (Diploma/S1).

"Diharapkan adik-adik bisa menyampaikan kepada kakak, saudara, masyarakat, dan pendaftaran dilaksanakan di Polres Nabire," kata Ipda Nasirun.

Upacara itu diikuti oleh gabungan SD, SMP dan SMA kurang lebih 350 orang siswa dan 34 orang guru.

Sementara itu, Kepala SMA Advent Cornelia Udam, SE menyampaikan terimaksih kepada Polsek Nabire Kota bahwa upaya yang dilakukan dengan melakukan pendekatan langsung kepada para pelajar tentunya sangat baik dan menjadi penting untuk memberi pemahaman kepada generasi muda khususnya para pelajar agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

"Harapan kami agar kegiatan seperti ini dapat terus berjalan serta berkesinambungan," katanya. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home