Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 23:58 WIB | Jumat, 24 September 2021

Prancis dan Jerman Calonkan Tedros untuk Masa Jabatan Kedua Dirjen WHO

Tedros Adhanom Ghebreyesus dari Ethiopia. (Foto: dok.Ist)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Jerman dan Prancis mengatakan mereka dan negara-negara Uni Eropa lainnya telah mencalonkan Tedros Adhanom Ghebreyesus dari Ethiopia untuk masa jabatan kedua sebagai direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

Ini menandai pertama kalinya seorang kandidat untuk posisi teratas di badan kesehatan PBB tidak dinominasikan oleh negara asal.

Tedros, panggilan dengan nama depannya, telah menjadi sorotan global atas tanggapan organisasi tersebut terhadap pandemi virus corona selama 19 bulan terakhir, krisis besar yang meliputi semua hal lain selama masa jabatannya yang dimulai pada 2017. 

Pemilihan untuk periode berikutnya jabatan direktur jenderal WHO, selama masa jabatan lima tahun, berlangsung pada pertemuan majelis tahunan badan berikutnya pada bulan Mei.

Tedros berselisih dengan Perdana Menteri pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Ethiopia, Abiy Ahmed, atas keterusterangannya tentang pembunuhan dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya di wilayah asalnya di Tigray. 

Tedros sebelumnya adalah pejabat tinggi di Front Pembebasan Rakyat Tigray, yang pernah menjadi anggota dominan koalisi yang menjalankan Ethiopia, tetapi sekarang ditetapkan oleh pemerintah nasional sebagai kelompok teroris.

Tedros juga menjabat sebagai menteri kesehatan dan luar negeri di pemerintahan Ethiopia sebelumnya.

Misi diplomatik Prancis dan Jerman untuk lembaga-lembaga PBB di Jenewa mengumumkan dukungan mereka untuk Tedros di akun Twitter mereka setelah batas waktu pencalonan untuk jabatan direktur jenderal berakhir pada Kamis (23/9). 

Di situs webnya, WHO mengatakan tidak berencana untuk mengumumkan daftar lengkap kandidat hingga November, tetapi beberapa pejabat diplomatik telah menyarankan bahwa dia mungkin tidak memiliki persaingan.

Seorang pejabat diplomatik di Jenewa, berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka tentang masalah tersebut, mengatakan 15 anggota Uni Eropa lainnya bergabung dalam pencalonan Tedros.

WHO, di bawah Tedros, mendapat kecaman tajam dari pemerintahan Amerika Serikat di bawah Donal Trump tahun lalu atas tuduhan salah langkah yang menyedihkan dalam menanggapi COVID-19 dan berlebihan dalam memuji China pada fase awal wabah yang pertama kali muncul di Wuhan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home