Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:31 WIB | Minggu, 10 Juli 2016

Prancis Serukan Operasi Militer Tumpas Al Qaeda Cabang Suriah

Ilustrasi. Presiden Prancis Francois Hollande (kanan). (Foto: AFP)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Prancis Francois Hollande, hari Sabtu (9/7), menyerukan aksi internasional untuk menumpas Al Qaeda cabang Suriah, memperingatkan bahwa kekalahan terbaru yang dialami kelompok ISIS dapat memberi semangat bagi kelompok ekstremis lain.

“Daesh (singkatan ISIS dalam bahasa Arab) sedang terpuruk,” ujar Hollande setelah bertemu dengan pemimpin AS, Jerman, Inggris, Italia dan Ukraina di sela-sela KTT NATO di Warsawa.

Namun, Hollande menambahkan, “kami juga harus menghindari situasi ketika Daesh menjadi lebih lemah, sementara kelompok lain menjadi lebih kuat.”

Hollande merujuk kelompok Front Al Nusra yang terkait Al Qaeda dan secara khusus diuntungkan dari kampanye militer pimpinan AS terhadap rivalnya ISIS.

Saat harus menghadapi serangan udara dan darat dari pasukan lokal, ISIS kehilangan wilayah kekuasaan mereka di Suriah dan Irak dalam beberapa bulan terakhir.

“Kami harus bekerja sama melanjutkan aksi melawan Daesh tetapi juga mengambil aksi yang efektif melawan Al Nusra,” ujar Hollande, mengarahkan seruannya kepada Rusia dan AS.

Pada hari Rabu (6/7), Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam panggilan via telepon sepakat untuk “mengintensifkan” koordinasi militer kedua negara di Suriah.

Rusia pada Mei mengusulkan serangan udara gabungan dengan AS dalam melawan sasaran ekstremis di Suriah. (AFP)

 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home