Loading...
MEDIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 01:31 WIB | Kamis, 27 Agustus 2015

Premiere Film Nabi Muhammad SAW di Iran Tertunda

Proses pembuatan film Nabi Mohammad di Iran. (Foto: tribune.com.pk)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM - Pemutaran perdana film Iran berdana jutaan dolar ‘Muhammad’ dan mengisahkan masa kecil Nabi Muhammad SAW ditunda pada Rabu (26/8) selama 24 jam akibat gangguan teknis, ujar seorang juru bicara. 

Film itu menelan biaya produksi sekitar 40 juta dolar Amerika (sekitar Rp 564,2 miliar) dan membutuhkan waktu pembuatan lebih dari tujuh tahun.

Film berdurasi 171 menit itu, yang dibintangi sejumlah aktor penting Iran, dijadwalkan akan diputar di 140 bioskop Iran pada hari Rabu ini sebelum film tersebut menjadi film pembuka di Montreal Film Festival. 

Namun film itu saat ini akan diputar di Teheran dan juga di Kanada pada Kamis, ujar juru bicara untuk film tersebut kepada AFP

“Film itu akan diputar perdana besok,” ujarnya.

Media Iran melansir bahwa komponen suara dalam film itu tidak sesuai dengan sistem suara yang terdapat di bioskop Iran, menimbulkan penundaan guna memberikan waktu untuk melakukan perubahan. 

“Mereka yang sudah membeli tiket sebelumnya bisa menggunakan tiket mereka mulai Kamis hingga Rabu depan,” ujar produser dan distributor film tersebut Mohammad Reza Saberi kepada kantor berita ISNA

‘Muhammad’ merupakan bagian pertama dari trilogi kehidupan Nabi Muhammad SAW. Film itu menggambarkan sejumlah peristiwa sebelum kelahiran hingga masa muda beliau, sebelum beliau diangkat menjadi Nabi, yang menurut Al Quran beliau diangkat Allah SWT menjadi Nabi pada usia 40 tahun.

Meskipun Iran mengutuk penokohan gambar nabi seperti yang diterbitkan majalah satir Prancis Charlie Hebdo, Iran yang mayoritas penganut Islam Syiah memiliki pandangan berbeda yang lebih longgar tentang penggambaran tokoh agama dibanding saudara Sunni mereka.
 
Tiket film 'Muhammad' ini telah terjual habis di Iran, tetapi di kalangan Islam Sunni film ini memicu kontroversi besar. (AFP/jpost.com)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home