Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:48 WIB | Rabu, 22 Februari 2023

Presiden Belarusia Akan Bentuk Milisi Pertahanan Teritorial

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mendengarkan Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, selama pertemuan di kediaman negara Novo-Ogaryovo di luar Moskow, Rusia 17 Februari 2023. (Foto: dok. Reuters)

MINSK, SATUHARAPAN.COM - Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko, mengatakan pada hari Senin (20/2)  bahwa dia telah memerintahkan pembentukan pertahanan teritorial sukarelawan baru sehingga semua orang tahu bagaimana "menangani senjata" dan siap untuk menanggapi tindakan agresi dan menjaga ketertiban umum di masa damai.

“Situasinya tidak mudah. Saya telah mengatakan lebih dari sekali: setiap orang - dan tidak hanya seorang pria - setidaknya harus mampu menangani senjata," kata Lukashenko pada pertemuan Dewan Keamanannya.

"Setidaknya untuk melindungi keluarganya, jika diperlukan, rumahnya, sebidang tanahnya sendiri dan - jika perlu - negaranya."

Lukashenko, yang mengizinkan Rusia menggunakan wilayah Belarusia untuk mengirim pasukan ke Ukraina setahun lalu, sering mengatakan pasukannya akan berperang hanya jika Belarusia diserang. Dia juga mengatakan "pengalaman" di Ukraina membutuhkan pertahanan tambahan.

“Jika terjadi tindakan agresi, tanggapannya akan cepat, keras, dan tepat,” kata Lukashenko, hari Senin.

Menteri Pertahanan Belarusia, Viktor Khrenin, mengatakan pasukan pertahanan teritorial akan memiliki 100.000-150.000 sukarelawan, atau lebih jika diperlukan. Pembentukan paramiliter idealnya ada di setiap desa dan kota.

Tentara profesional negara itu memiliki sekitar 48.000 tentara dan sekitar 12.000 tentara perbatasan negara, menurut Neraca Militer Institut Internasional untuk Studi Strategis 2022.

Lukashenko adalah penguasa terlama di Eropa yang telah memimpin Belarusia selama 28 tahun, tapi dia dan negaranya bergantung pada Rusia secara politik dan ekonomi, dan dukungan Presiden Rusia Vladimir Putin membantunya bertahan dari protes massa pro demokrasi pada tahun 2020.

Ketergantungan tersebut telah memicu ketakutan di Kiev bahwa Putin akan menekan Lukashenko untuk bergabung dalam serangan darat baru dan membuka front baru dalam invasi Rusia ke Ukraina.

“Unsur-unsur Perang Dingin: perlombaan senjata dan pemerasan nuklir oleh para pemimpin masing-masing negara Barat telah kembali ke agenda internasional kontemporer,” kata Lukashenko, hari Senin.

Uni Eropa, Amerika Serikat, dan lainnya telah memberlakukan sanksi senilai miliaran dolar terhadap negara bekas Soviet itu atas dukungannya untuk perang Rusia melawan Ukraina. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home