Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:47 WIB | Senin, 20 Juli 2015

Presiden FIFA yang Baru Akan Dipilih Februari 2016

Ilustrasi: Sepp Blater. (Foto: fifa.com).

ZURICH, SATUHARAPAN.COM – Pemilihan presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) yang baru akan dilakukan pada 26 Februari 2016.

Menurut soccerway.com, Senin (20/7), Komite Eksekutif FIFA mengumumkan bahwa pemilihan tersebut akan dilakukan di Zurich, Swiss.

Pengumuman dari Komite Eksekutif tersebut merupakan tindak lanjut dari keputusan Presiden FIFA  yang terpilih Sepp Blatter, namun dia mengundurkan diri beberapa hari kemudian terkait dugaan korupsi.  

Platini Diunggulkan

Sehubungan dengan pemilihan presiden yang baru, sebanyak empat dari enam konfederasi sepak bola benua akan mendukung Presiden UEFA Michel Platini jika ia bersedia mencalonkan diri untuk Presiden FIFA, sebuah sumber yang dekat dengan Badan Sepak Bola Eropa mengatakan pada Senin (20/7).

Platini yang dulu merupakan pesepak bola tim nasional Prancis belum menyebut apakah dia menyetujui dukungan tersebut, karena  kemungkinan Platini baru akan memutuskan sepuluh hari lagi.

Korupsi FIFA

Pada Mei 2015, beberapa pejabat FIFA ditangkap oleh polisi Swiss atas permintaan Amerika Serikat atas tuduhan korupsi, lapor New York Times seperti dikutip AFP Rabu (27/5) pagi waktu setempat.

Setelah ditangkap, para pejabat tersebut  diekstradisi ke AS. Berkaitan dengan penangkapan tersebut, kepolisian Swiss menggeledah markas besar FIFA dengan menyita dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penyelidikan suap yang diberikan untuk Piala Dunia 2018 dan 2022, kata kantor Kejaksaan Agung Swiss.

Dokumen-dokumen dan data elektronik yang disita dicurigai sebagai bagian dari penyelidikan yang sudah berlangsung mengenai pencucian uang dan suap yang melibatkan keputusan FIFA memberi Rusia dan Qatar masing-masing menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022. (soccerway.com/Ant/AFP)

Baca Juga

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home