Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 12:20 WIB | Senin, 31 Oktober 2016

Presiden Ingatkan Demonstrasi Dilakukan Damai

Presiden Ingatkan Demonstrasi Dilakukan Damai
Presiden Joko Widodo pada peringatan Sumpah Pemuda ke-88 di halaman Istana Merdeka, hari Jumat, 28 Oktober 2016. (Foto: Facebook Presiden Joko Widodo)
Presiden Ingatkan Demonstrasi Dilakukan Damai
Massa FPI dan berbagai ormas keagamaan yang melakukan aksi demonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta, hari Jumat (14/10) siang. (Foto: Dok. Satuharapan.com/Febriana Dyah Hardiyanti)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan semua pihak agar menggunakan kebebasan berpendapat secara proporsional dan damai.

"Demonstrasi adalah hak demokratis warga tapi bukan hak memaksakan kehendak dan bukan hak untuk merusak," kata Presiden dalam akun twitter pribadinya @jokowi yang dipantau di Jakarta, hari Senin (31/10).

Presiden dalam tweetnya juga mengatakan pemerintah akan menjamin hak menyampaikan pendapat tapi juga akan mengutamakan ketertiban umum.

"Aparat keamanan sudah saya minta bersiaga dan melakukan tugas secara profesional jika ada tindakan anarkis oleh siapa pun," katanya dalam akun media sosial tersebut.

Sebelumnya, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meminta seluruh elemen masyarakat menilai positif terhadap rencana kegiatan demonstrasi organisasi keagamaan pada Jumat (4/11) mendatang.

"Mari kita berpikir positif jangan ada anggapan ada hal yang tidak baik," kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar di Jakarta pada Minggu.

"Jadi jangan anggap kita (Polri) harus represif," ujar Boy.

Polri menurut Boy memiliki prosedur tetap guna mengamankan unjuk rasa sesuai Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 16 Tahun 2006 dengan pendekatan persuasif.

Mantan Kapolda Banten itu menyebutkan unjuk rasa merupakan bentuk ekspresi untuk menyampaikan pendapat di muka umum yang wajib diberikan pengamanan oleh Polri.

Dalam konteks itu, para koordinator lapangan memberitahukan rencana aksi termasuk jumlah massa dan alat peraga kepada kepolisian sebagai pelayan pengamanan.(Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home