Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 16:19 WIB | Senin, 05 Desember 2016

Presiden Ingatkan Ibu Hamil Perhatikan Asupan Gizi

Presiden Ingatkan Ibu Hamil Perhatikan Asupan Gizi
Presiden Jokowi menunjukkan biskuit ketika meninjau Program Pemberian Makanan Tambahan di Lapangan Sepak Bola Bima Sakti Pangkalan TNI AU Balikpapan, hari Senin (5/12) siang. (Foto-foto: BPMI Setpres)
Presiden Ingatkan Ibu Hamil Perhatikan Asupan Gizi
Dalam kesempatan itu, Presiden membagikan tiga buah sepeda kepada ibu hamil, ibu yang memiliki balita dan anak sekolah, yang telah menjawab pertanyaannya.
Presiden Ingatkan Ibu Hamil Perhatikan Asupan Gizi
Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek.

BALIKPAPAN, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan awal perjalanan setiap bangsa yang ingin menjadi bangsa yang maju diharuskan memiliki sumber daya manusia yang tangguh, kuat dan harus sehat. Oleh karena itu, Presiden mengingatkan kepada ibu hamil untuk memperhatikan asupan gizi bagi bayi yang dikandungnya.

"Inilah yang kita tuju kenapa pada siang hari ini dibagi pemberian makanan tambahan kepada ibu hamil, balita kepada anak-anak sekolah. Diberikan gizi yang baik, baik proteinnya, sumber protein yang baik, telur tahu tempe ikan daging itu penting sekali," kata Presiden Jokowi ketika meninjau Program Pemberian Makanan Tambahan di Lapangan Sepak Bola Bima Sakti Pangkalan TNI AU Balikpapan, hari Senin (5/12) siang.

Dalam kesempatan itu, Presiden memberitahukan bagaimana mengkonsumsi makanan tambahan tersebut. Menurut dia, makanan tambahan juga diperlukan karena memiliki nilai kalori yang tinggi.

Untuk ibu hamil misalnya, kehamilan tiga bulan pertama mengkonsumsi dua keping setiap hari. "Kehamilan empat hingga sembilan bulan ini tiga keping per hari seperti ini," kata Presiden.

Sementara untuk balita makanan tambahan yang diberikan dan aturan mengkonsumsinya berbeda dengan makanan tambahan untuk Ibu hamil.

"Untuk balita enam hingga 11 bulan, delapan keping setiap hari jangan banyak-banyak, kalau kegemukan juga tidak baik. Umur satu hingga lima tahun diberikan 12 keping per hari,” kata Presiden.

Kemudian makanan tambahan bagi anak sekolah dasar adalah enam keping setiap hari. "Enam keping perhari, jangan lebih kalau kegemukan juga tidak bagus," kata Presiden.

Presiden mengingatkan juga agar para ibu, terutama ibu hamil, ibu yang memiliki balita agar rajin memberikan makanan tambahan.

"Baik di usia kandungan, balita supaya anak-anak sehat, supaya anak-anak makin pintar. Dan insya Allah bermanfaat bagi bangsa, negara dan agama," kata Presiden. (Setpres)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home