Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 18:14 WIB | Rabu, 02 November 2016

Presiden Ingin Pertumbuhan Ekonomi RI 2018 Di Atas 6%

Presiden meminta penyerapan APBN 2017 dimulai sejak awal tahun
Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, hari Selasa (2/11). (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHAAPAN.COM - Di tahun anggaran 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan adanya pertumbuhan ekonomi di atas 6 persen. Demikian halnya dengan peningkatan di bidang investasi yang diharapkan tumbuh di atas 10 persen.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, hari Selasa (2/11).

"Kita inginkan nanti ada pertumbuhan di atas 6 (persen), tentu saja untuk mencapai itu tidak mudah saya kira yang paling penting, investasi harus tumbuh di atas 10 persen,” katanya.

Kemudian juga untuk sektor penopang yang lainnya, Presiden mengharapkan pertumbuhan di sektor konsumsi bisa tumbuh di atas 5 persen, ekspor yang diharapkan bisa tumbuh di atas 4 persen, dan impor yang tumbuh paling tidak 2-3 persen.

"Tapi nanti tolong nanti angka-angkanya kalau ini perlu masih ada ruang untuk ditingkatkan kalau bisa dikoreksi," katanya.

Dalam Sidang Kabinet tersebut, Presiden meminta pelaksanaan penyerapan anggaran tahun 2017 berupa proses lelang dan lainnya diharapkan bisa dimulai di bulan Januari tahun depan.

"Ini saya kira saya sudah mengingatkan dua kali, tahun lalu, tahun kemarin, ini saya ulang lagi, agar proses persiapan pra lelang untuk seluruh kegiatan segera disiapkan sehingga Januari sudah ada pelaksanaan," kata Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, di tahun 2016, baru Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pertanian yang sudah melaksanakan kegiatan pada bulan Januari. Presiden mengharapkan kementerian yang lain juga mengikuti.

"Saya harapkan yang lain juga seperti itu," kata Presiden.

Presiden Jokowi juga meminta laporan terkait APBN 2017 yang telah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) beberapa waktu lalu.

"Biasanya kan di sana ada perubahan, di sana ada pengurangan, di sana ada penambahan, tolong setelah dari DPR saya diberi laporan yang detail," kata Presiden.

Perencanaan APBN 2018 Dibahas Lebih Awal

Dalam Sidang Kabinet tersebut, Presiden Jokowi juga mengambil langkah inisiatif untuk mulai merencanakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2018 sejak awal.

"Kita juga akan merencanakan untuk 2018, sudah kita mulai lebih awal saja, karena kalau tidak, perencanaan kita akan terlambat," kata Presiden Jokowi.

Tampak hadir dalam Sidang Kabinet tersebut antara lain Wakil Presiden Jusuf Kalla, para Menteri Anggota Kabinet Kerja, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Tito Karnavian. (Setpres)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home