Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 20:58 WIB | Kamis, 09 Februari 2017

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Tingkatkan Budaya Membaca

Presiden Jokowi saat blusukan ke pusat perbelanjaan dalam kunjungan kerja di Maluku, hari Rabu (8/2) malam. Kepala Negara didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. (Foto: BPMI Setpres)

AMBON, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi), berharap minat baca masyarakat Indonesia dapat lebih meningkat lagi karena saat ini minat baca masyarakat Indonesia masih tergolong rendah.

"Karena kita tahu minat baca rakyat kita itu memang masih tergolong perlu didorong lagi sehingga meningkat," kata Presiden Jokowi saat blusukan ke pusat perbelanjaan dalam kunjungan kerja di Maluku, hari Rabu (8/2) malam.

Usai pembagian Kartu Indonesia Pintar bagi sejumlah pelajar di Ambon, pada petang harinya, Presiden dan rombongan blusukan ke pusat perbelanjaan. Namun, sebelum itu, Kepala Negara singgah sejenak di Masjid Raya Al-Fatah untuk menunaikan salat Maghribberjamaah dengan warga sekitar.

Presiden yang saat itu mengenakan kemeja putih lengan panjang tiba di masjid yang menjadi ikon Kota Ambon itu beberapa menit sebelum adzan Maghrib berkumandang.

Selesai melaksanakan salat berjamaah, Presiden menyambangi Maluku City Mall (MCM) yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Manise itu.

Kedatangan Presiden yang bagi kebanyakan orang hanya bisa disaksikan melalui layar televisi mereka pun membuat para warga kaget. Banyak dari mereka yang lantas mendekat ke arah Presiden untuk sekadar bersalaman dan mengajak foto bersama.

Presiden Joko sebelumnya pernah mengunjungi pusat perbelanjaan tersebut, tepatnya dilakukan saat meresmikan operasional Jembatan Merah Putih pada April 2016 silam. Pada kunjungannya kali ini, Kepala Negara memutuskan untuk masuk ke sebuah toko buku besar yang ada di dalamnya.

Setidaknya ada dua buah buku yang dibaca dan dibeli oleh Presiden di sana. Yang pertama ialah buku yang ditulis oleh Dee Lestari dengan judul Inteligensi Embun Pagi. Sementara yang kedua ialah buku karangan Zainuddin HM dengan judul Asal-usul Kota-kota di Indonesia Tempo Doeloe.

"Saya kira ratusan kota di sini. Saya ingin ngerti misalnya asal-usul kota Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Kendari, Jayapura, Jambi, Dumai, Depok, Denpasar, Malang, Manado, Mamuju, dan Lubuklinggau. Ya untuk baca-baca," kata Presiden. (PR)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home