Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:14 WIB | Kamis, 16 Juli 2015

Presiden Jokowi Bangga Prestasi Atlet Tuna Grahita Indonesia

Presiden Joko WIdodo (setelan jas hitam, tengah) bersama para atlet SOIna di Istana Kepresidenan, Jakarta. (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rasa bangga atas prestasi atlet-atlet penyandang tuna grahita atau disabilitas intelektual.

“Saya melihat prestasi atlet di Indonesia sangat membanggakan terlihat dari berbagai kegiatan kompetisi. Sebagai salah satu kontingen yang memberikan kebanggan bagi bangsa, kontingen harus dapat mempertahankan prestasi,” kata Presiden saat melepas Kontingen Special Olympic Indonesia (SOIna) untuk mengikuti Special Olympic International World Summer Games (SOWSG) 2015, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/7).

Presiden berharap kontingen dapat meningkatkan prestasi yang selalu masuk lima besar pada pertandingan Special Olympic International di kawasan Asia Pasifik. Presiden berharap para atlet dapat memperbanyak raihan medali, dan mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia.

Kepala Negara meyakini nantinya dari medali yang sudah diperoleh bisa menjadi pemicu semangat kepada atlet dan memberikan kepercayaan bahwa atlet Indonesia adalah atlet yang tangguh.

Ketua Kontingen SOIna dr. Pudji Hastuti, M.Sc mengatakan, Special Olympic merupakan suatu gerakan yang memberdayakan para penyandang tuna grahita atau disabilitas intelektual melalui olahraga, agar mereka menjadi manusia yang produktif, berguna, dan dapat diterima sebagai bagian dari masyarakat yang setara.

Sejak  1991, kata Pudji, SOIna telah enam kali mengikuti Special Olympic World Summer Games dan dua kali Winter Games yang merupakan kompetisi olah raga tingkat dunia empat tahunan. Pada World Summer Games tahun ini, lanjut Pudji, kontingen SOIna akan mengikuti tujuh dari 25 cabang olah raga yang dipertandingkan, yaitu atletik, renang, bulu tangkis, basket, tenis meja, sepakbola, dan bocce (bola gelinding).

“Pada World Summer Games tahun ini, SOIna diminta mengirimkan satu atlet yang bertugas mewakili atlet mengucapkan sambutan selamat datang pada pembukaan dan terima kasih pada penutupan Olimpiade (International Global Messenger), yaitu Stefani Handoyo, peraih medali emas pada World Summer Games 2011 di Athena, Yunani,” papar Pudji.

Special Olympic International World Summer Games 2015 akan berlangsung pada 25 Juli – 2 Agustus 2015 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Sepanjang sejarah Special Olympic International World Summer Games, Indonesia telah mengikuti lima kali SOWSG,  pada SOWSG 2011 yang dilaksanakan di Athena Yunani, Indonesia berhasil membawa pulang 15 medali emas, 13 medali perak, dan 11 medali perunggu.  (setkab.go.id/Ant)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home