Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 19:48 WIB | Senin, 14 November 2016

Presiden Jokowi dan PM Lee Resmikan Kawasan Industri Kendal

Presiden Jokowi dan PM Lee Resmikan Kawasan Industri Kendal
Presiden Joko Widodo bersalaman dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong usai meresmikan pembukaan operasional kawasan industri Kendal (KIK). Peresmian tersebut digelar di KIK 'Park by the Bay', Kendal, hari Senin (14/11) sore. (Foto-foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi dan PM Lee Resmikan Kawasan Industri Kendal
Setelah meresmikan Kawasan Industri Kendal Park by the Bay, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo serta Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Ibu Ho Ching meninjau salah satu industri di kawasan tersebut.

KENDAL, SATUHARAPN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama-sama dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong meresmikan pembukaan operasional kawasan industri Kendal (KIK). Peresmian tersebut digelar di KIK 'Park by the Bay', Kendal, hari Senin (14/11) sore.

Menurut Presiden Jokowi, Kendal dengan potensinya yang luar biasa menjadikan kawasan tersebut menjadi tujuan investasi dan pembangunan.

"Kawasan Industri Kendal kini telah ditetapkan sebagai kawasan industri prioritas," kata Presiden Jokowi.

Proyek kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Singapura tersebut bahkan disebut Presiden Jokowi sebagai ikon baru bagi perwujudan kerja sama Indonesia dengan Singapura.

"Kawasan Industri Kendal merupakan ikon baru kerja sama bilateral antara Republik Indonesia dan Singapura. Saya berharap agar pelaksanaan kerja sama ini dapat terus ditindaklanjuti," kata Presiden Jokowi.

Untuk mendorong percepatan pembangunan dan investasi di kawasan tersebut, pemerintah Indonesia telah mengambil sejumlah langkah strategis. Langkah-langkah tersebut berupa menghilangkan segala hambatan dalam pembangunan proyek dan juga memberikan dukungan pembangunan infrastruktur serta penyediaan lahan.

"Dua hal ini merupakan kunci bagi penciptaan kawasan industri yang baik," kata Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo bersama-sama dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong meresmikan pembukaan operasional kawasan industri Kendal (KIK). Peresmian tersebut digelar di KIK 'Park by the Bay', Kendal, hari Senin (14/11) sore.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan jaminan terkait dengan transportasi, energi, telekomunikasi, sumber daya air dan sanitasi, serta ketersediaan sumber daya manusia dan teknologi guna mendukung percepatan pembangunan di kawasan industri prioritas tersebut.

Adapun pembangunan infrastruktur transportasi berupa jalan tol kini sedang dilaksanakan oleh pemerintah dalam pembangunan koridor jalan tol Pemalang-Batang-Semarang yang telah dimulai pada bulan Juni lalu.

"Oleh karena itu, investor tidak perlu ragu untuk segera berinvestasi di Kawasan Industri Kendal, baik di bidang fashion industry, furniture, food industry, smart industry, manufacturing dan lain-lain," kata Presiden Jokowi.

Beri Manfaat Pada Rakyat

Presiden Joko Widodo yang juga didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo berharap agar pembangunan kawasan industri Kendal tidak melupakan manfaat yang diperoleh oleh masyarakat setempat. Ia pun menagih sekaligus mengingatkan agar ke-18 investor yang berkomitmen untuk berinvestasi di kawasan tersebut tidak melupakan komitmen tersebut.

"Sebagai penutup, saya ingin meminta komitmen para investor bahwa keberadaan Kawasan Industri Kendal harus membawa manfaat bagi rakyat, saya ulangi harus membawa manfaat bagi rakyat, terutama rakyat Kendal dan Jawa Tengah," kata Presiden Jokowi.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Ibu Ho Ching, di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Kominfo Rudiantara, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Bupati Kendal Mirna Annisa. (Setpres)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home