Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 16:20 WIB | Rabu, 09 November 2016

Presiden Jokowi: Hubungan RI akan Tetap Baik dengan AS

Presiden Joko Widodo (kiri). (Foto: Melki Pangaribuan)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar menghormati proses pemilihan di Amerika Serikat yang saat ini masih berlangsung.

Saat ditanyakan wartawan Presiden belum mengetahui hasil akhir kemenangan Presiden AS terpilih, Donald Trump. Dia menekankan bahwa Indonesia menghargai siapapun yang menjadi pilihan rakyat AS.

"Yang pertama, saya kira harus kita tunggu ya sampai pada penghitungan terakhir, tidak boleh mendahului. Yang kedua, apapun yang menjadi pilihan rakyat Amerika, saya kira kita sangat menghargai," kata Presiden Jokowi memberikan pandangannya usai acara penganugerahan gelar pahlawan nasional di Istana Negara, hari Rabu (9/11).

Presiden juga meyakini bahwa pemimpin baru Amerika Serikat kelak tidak akan berpengaruh terhadap hubungan baik yang telah terjalin antara Indonesia dengan Amerika Serikat selama ini. Menurut dia, Amerika Serikat termasuk dalam lima besar investor di Indonesia.

"Hubungan kita tetap akan baik, terutama hubungan dagang dan investasi. Kita tahu Amerika termasuk investor lima besar di Indonesia. Saya kira tidak akan ada perubahan," katanya.

Presiden Jokowi mengatakan siapapun Presiden AS yang terpilih hubungan Indonesia akan tetap baik, termasuk terhadap kesepakatan perdagangan bebas Trans-Pacific Partnership (TPP) yang ditanyakan satuharapan.com siang itu.

"TPP kan di kongres saja belum," kata Jokowi seraya tersenyum.

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home