Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:41 WIB | Jumat, 14 Agustus 2020

Presiden Kukuhkan Anggota Paskibraka untuk Upacara 17 Tahun Indonesia Merdeka

Tahun ini anggota Paskibraka hanya delapan siswa dan siswi SMA, karena alasan pandemi COVID-19.
Presiden Joko Widodo memimpin upacara pngukuhan anggota Paskibraka 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/8). (Foto: Setneg.)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo mengukuhkan para pelajar SMA yang menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2020. Pengukuhan tersebut berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada hari Kamis (13/8).

Dalam upacara pengukuhan ini, Kepala Negara bertindak sebagai pembina upacara. Sementara Dhea Lukita Andriana, anggota Paskibraka 2020 dari Jawa Timur, bertindak sebagai pemimpin upacara yang sekaligus mewakili rekan-rekannya untuk memegang bendera Merah Putih saat pengucapan ikrar Putra Indonesia.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan upacara HUT ke-75 Republik Indonesia kali ini digelar secara terbatas dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan masyarakat dari pandemi Covid-19. Oleh karena itu, jumlah anggota Paskibraka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tahun ini juga tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Anggota Paskibraka yang akan bertugas pada 17 Agustus 2020 mendatang di halaman Istana Merdeka adalah: (1) Indrian Puspita Rahmadhani (Provinsi Aceh), (2) Sylvia Kartika Putri (Provinsi Sumatera Utara), (3) Sudrajat Prawijaya (Provinsi Bengkulu), (4) Dhea Lukita Andriana (Provinsi Jawa Timur), (5) I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata (Provinsi Bali), (6) Muhammad Adzan (Provinsi Nusa Tenggara Barat), (7) Muhammad Asri Maulana (Provinsi Kalimantan Selatan); dan (8) Muhammad Arief Wijaya (Provinsi Sulawesi Tenggara).

Keempat calon Komandan Upacara yang turut mengikuti pengukuhan kali ini ialah: (1) Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor, A.A. (Asops Paspampres), (2) Kolonel Laut (P) Yudi Kuncoro, S.T., M.M. (Kadis Nautika Pushidrosal), (3) Kolonel Kal Eri Ahmad Harahap, S.T., M.M. (Paban II/Duklog Slog Kogabwilhan I); dan (4) Kombes Pol. Christ Reinhard Pusung, S.I.K. (Kasatgaswil Densus 88 AT Polri).

Anggota Paskibraka akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 mendatang di halaman Istana Merdeka. Sementara pada sore harinya, mereka juga akan kembali bertugas dalam upacara penurunan bendera.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home