Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 08:13 WIB | Minggu, 22 Januari 2017

Presiden Meksiko Ingin Hubungan “Penuh Hormat” dengan Trump

Patung yang mirip dengan Presiden Donald Trump dibakar dalam protes menentang Trump di hari pelantikannya di Mexico City pada 20 Januari 2017. (Foto: AFP/Pedro Pardo)

MEXICO CITY, SATUHARAPAN.COM - Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, Jumat (20/01), mengatakan dirinya mengharapkan hubungan yang “penuh hormat” dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, yang telah menghina rakyat Meksiko, tetapi berjanji akan melindungi kepentingan negaranya dalam hubungannya dengan Washington.

“Kami akan bekerja sama untuk memperkuat kemitraan,” tulis Pena Nieto di Twitter, memberi selamat kepada Trump saat pelantikannya pada Jumat (20/1).

“Kami akan membangun dialog penuh hormat dengan pemerintahan @realDonaldTrump,” tambahnya.

“Kedaulatan, kepentingan nasional dan perlindungan bagi warga Meksiko akan memandu hubungan kami dengan pemerintahan baru AS.”

Trump berjanji akan membangun dinding di perbatasan Meksiko untuk mencegah kedatangan imigran tak berdokumen dan akan meninjau kembali kesepakatan perdagangan untuk melindungi ketenagakerjaan.

Dalam kampanye pemilunya, dia menyebut kebanyakan imigran Meksiko sebagai penjahat dan pemerkosa.

Meksiko mengatakan bahwa menteri urusan luar negeri dan ekonominya akan bertemu dengan rekan baru dari AS pada Rabu dan Kamis.(AFP)

 

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home