Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:49 WIB | Jumat, 01 Agustus 2014

Presiden Mesir Tidak akan Hadiri KTT Afrika

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi. (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM ‒ Presiden Baru Mesir Abdel Fattah al-Sisi tidak akan menghadiri pertemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan sejumlah pemimpin Afrika pekan depan, ungkap seorang pejabat Amerika Serikat pada Kamis (31/7), setelah dia diberikan undangan.

Raja Maroko Mohamed VI juga tidak akan menghadiri pertemuan pekan depan itu, yang akan diselenggarakan oleh Presiden Barack Obama, ungkap pejabat AS itu.

“Presiden Mesir dan raja Maroko tidak akan menghadiri pertemuan,” tutur pejabat tersebut kepada AFP, meminta untuk tidak sebutkan nama, dan tanpa memberikan alasan.

Mesir, sekutu regional utama AS, awalnya tidak termasuk dalam daftar 50 tamu untuk pertemuan itu, karena keanggotaan Uni Afrika-nya ditangguhkan setelah penggulingan militer terhadap presiden terpilih Mohamed Morsi.

Namun Kairo didaftarkan kembali ke Uni Afrika pada Juni dan Gedung Putih mengeluarkan undangan kepada Mesir untuk menghadiri perundingan tersebut, yang akan dimulai pada Senin (4/8) dan berlangsung selama tiga hari.

Hanya empat negara Afrika - Republik Afrika Tengah (RAT), Eritrea, Sudan dan Zimbabwe - yang tidak diundang. (AFP)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home