Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 09:35 WIB | Sabtu, 28 Januari 2017

Presiden Prancis Sebut Trump Timbulkan Tantangan bagi Eropa

Presiden Prancis Francois Hollande ketika menggelar pidato pernyataan di televisi dari Istana Elysee di Paris, Prancis, 1 Desember 2016. (Foto: Dok satuharapan.com/reuters.com)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan pada Jumat (27/1) bahwa pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menimbulkan “tantangan” bagi Eropa.

“Mari kita berbicara terus terang, ada tantangan, ada tantangan yang ditimbulkan Pemerintah AS terhadap aturan perdagangan kita, serta kemampuan kita untuk menyelesaikan konflik di seluruh dunia,” kata Hollande di Berlin.

“Jadi kita tentu harus berbicara dengan Donald Trump karena dia dipilih oleh rakyat Amerika untuk menjadi presiden mereka,” katanya dalam konferensi pers bersama dengan Kanselir Jerman Angela Merkel.

“Namun, kita juga harus melakukannya dengan keyakinan Eropa dan dengan mengedepankan kepentingan dan nilai-nilai kita kita.”

Merkel, tanpa menyebutkan Trump, mengatakan: “Kita melihat bahwa kondisi global berubah dengan drastic dan pesat.”

“Dan kita harus menanggapi tantangan-tantangan baru, baik dari segi membela masyarakat bebas dan membela perdagangan bebas, serta dalam hal tantangan ekonomi.”

Trump membuat resah sekutu Eropanya dengan berbagai rencana kebijakan radikal, mulai dari menyebut NATO “kuno” sampai mengumumkan dia akan membatalkan rencana perdagangan trans-Atlantik.(AF/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home