Loading...
FOTO
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 18:53 WIB | Jumat, 19 Februari 2016

Presiden Sampaikan Tiga Hasil Perjalanannya ke AS

Presiden Sampaikan Tiga Hasil Perjalanannya ke AS
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wapres Jusuf Kalla (kedua kanan), Menko Polhukam Luhut Panjaitan (kiri), Menlu Retno Marsudi (kanan) dan Seskab Pramono Anung (kedua kiri) memberikan keterangan pers di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, hari Jumat (19/2). Presiden Joko Widodo beserta delegasi tiba kembali di Tanah Air usai melakukan lawatan ke Amerika Serikat untuk menghadiri KTT ASEAN-AS, berkunjung ke Silicon Valley dan menjadi pembicara utama dalam US-ASEAN Business Council. (Foto-foto: Antara)
Presiden Sampaikan Tiga Hasil Perjalanannya ke AS
Presiden Joko Widodo (kanan) dan Ibu Negara Ny. Iriana Joko Widodo (kedua kanan) berjalan menuju kendaraan dinas RI 1 setibanya di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (19/2). Presiden Joko Widodo beserta delegasi tiba kembali di Tanah Air usai melakukan lawatan ke Amerika Serikat untuk menghadiri KTT ASEAN-AS, berkunjung ke Silicon Valley dan menjadi pembicara utama dalam US-ASEAN Business Council.
Presiden Sampaikan Tiga Hasil Perjalanannya ke AS
Presiden Joko Widodo mencoba Kacamata Kardus (Google Cardboard) disaksikan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menlu Retno Marsudi (kiri) dan Menkominfo Rudiantara (kanan) saat berkunjung ke kantor pusat Google di Silicon Valley, San Fransisco, Amerika Serikat, Rabu (17/2) waktu setempat.
Presiden Sampaikan Tiga Hasil Perjalanannya ke AS
Presiden Amerika Serikat Barrack Obama (kiri) menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (kanan) saat KTT ASEAN-Amerika Serikat di California, Amerika Serikat, Selasa (16/2).
Presiden Sampaikan Tiga Hasil Perjalanannya ke AS
Presiden Joko Widodo dan rombongan saat tiba di Bandar Udara Internasional Palm Springs, California, Amerika Serikat Minggu (14/02).
Presiden Sampaikan Tiga Hasil Perjalanannya ke AS
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla (kedua kanan), Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi (tengah), Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (kedua kiri) dan Ibu Veronica Tan berbincang saat mengantar Presiden yang akan bertolak ke Amerika Serikat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (14/2).
Presiden Sampaikan Tiga Hasil Perjalanannya ke AS
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) melambaikan tangan sebelum bertolak ke Amerika Serikat di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (14/2).
Presiden Sampaikan Tiga Hasil Perjalanannya ke AS
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) menyampaikan keterangan pers sebelum bertolak ke Amerika Serikat di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (14/2).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan tiga hasil perjalanannya ke Amerika Serikat (AS) terutama untuk menghadiri KTT AS-ASEAN, salah satunya tentang keberpihakan pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Presiden Jokowi sesaat setelah tiba di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, hari Jumat (19/2) menggelar konferensi pers terkait hasil kunjungannya ke AS.

"Saya dan rombongan baru saja menyelesaikan kunjungan ke AS untuk menghadiri KTT khusus ASEAN-AS," kata Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ia menambahkan dari keseluruhan kunjungan kerja tersebut, ada beberapa hal yang Presiden sampaikan yaitu terkait keinginan Indonesia untuk memastikan bahwa hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tersebut bermanfaat bagi kesejahteraan dan perdamaian bagi Indonesia, ASEAN, dan dunia.

Hal kedua, kata Presiden, penekanan bagi pentingnya keberpihakan pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tengah era informasi digital.

"Tidak hanya saya sampaikan di KTT tapi juga ditindaklanjuti di Silicon Valley. Dalam permbicaraan saya dengan Facebook, Google, Plug and Play. Mereka telah memberikan komitmen untuk kerja sama dalam pengembangan dunia digital," katanya.

Mantan Gubernur DKI itu mencontohkan komitmen dengan Google misalnya akan ditindaklanjuti melalui pelatihan bagi 1.000 technopreuner sampai dengan 2020.

"Pesan perdamaian juga telah kita tekankan dalam KTT tersebut ketika saya menjadi pembicara pertama dalam isu `counter terorism`, pesan damai ini ditindaklanjuti saat saya ke Silicon Valley, pesan perdamaian ini disampaikan ke mereka untuk menyebarkan perdamaian," katanya.

Presiden mengaku senang ketika pesan damai itu disambut antusias oleh insan sosial media platform di Lembah Silikon.

"Saya juga sangat senang mereka antusias dalam inisiatif saya untuk `empowering leaders of peace`," katanya. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home