Loading...
Penulis: Sabar Subekti 11:01 WIB | Jumat, 15 Juli 2022

Presiden Sri Lanka Melarikan Diri Ke Maladewa

Presiden Sri Lanka Melarikan Diri Ke Maladewa
Presiden sri Lanka Gotabaya Rajapaksa menyanyikan lagu kebangsaan Sri Lanka selama perayaan Hari Kemerdekaan negara itu di Kolombo, Sri Lanka, 4 Februari 2022. (Foto: dok. AP/Eranga Jayawardena)
Presiden Sri Lanka Melarikan Diri Ke Maladewa
Para pengunjuk rasa duduk di sofa di dalam kediaman resmi presiden Gotabaya Rajapaksa hari keempat setelah diserbu oleh pengunjuk rasa anti pemerintah di Kolombo di Kolombo, Sri Lanka, Rabu, 13 Juli 2022. (Foto: AP/Rafiq Maqbool)

KOLOMBO, SATUHARAPAN.COM-Presiden Sri Lanka meninggalkan negara itu hari Rabu (13/7) pagi, beberapa hari setelah pengunjuk rasa menyerbu rumah dan kantornya serta kediaman resmi perdana menterinya di tengah krisis ekonomi selama berbulan-bulan yang memicu kekurangan makanan dan bahan bakar yang parah.

Presiden Gotabaya Rajapaksa, istri dan dua pengawalnya meninggalkan negara dengan pesawat Angkatan Udara Sri Lanka menuju kota Male, ibu kota Maladewa, menurut seorang pejabat imigrasi yang berbicara dengan syarat anonim karena sensitivitas situasi.

Rajapaksa telah setuju untuk mundur di bawah tekanan. Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe mengatakan dia akan mundur begitu pemerintahan baru terbentuk.

Anggota parlemen setuju untuk memilih presiden baru pekan depan tetapi berjuang pada hari Selasa untuk memutuskan susunan pemerintahan baru untuk mengangkat negara yang bangkrut itu keluar dari keruntuhan ekonomi dan politik.

Pengunduran diri yang dijanjikan tidak mengakhiri krisis, dan pengunjuk rasa telah bersumpah untuk menduduki gedung-gedung resmi sampai para pemimpin puncak mundur. Selama berhari-hari, orang-orang berbondong-bondong ke istana kepresidenan seolah-olah itu adalah objek wisata: berenang di kolam renang, mengagumi lukisan-lukisan dan bersantai di tempat tidur yang ditumpuk tinggi dengan bantal. Pada satu titik, mereka juga membakar rumah pribadi perdana menteri.

Saat fajar, pengunjuk rasa mulai meneriakkan yel-yel menentang presiden dan perdana menteri, berhenti sejenak saat lagu kebangsaan Sri Lanka meraung dari pengeras suara. Demonstran berdiri diam, dengan punggung tegak, dan dalam keheningan. Beberapa mengibarkan bendera.

“Saya tidak senang dia melarikan diri. Dia harus di penjara,” kata Malik D’ Silva, seorang pengunjuk rasa berusia 25 tahun yang menduduki kantor presiden. Dia telah mengambil bagian dalam protes selama 97 hari terakhir.

Rajapaksa “menghancurkan negara ini dan mencuri uang kami. Kami tidak akan berhenti sampai kami memiliki presiden dan perdana menteri baru,” kata D’ Silva. Dia mengatakan dia memilih Rajapaksa pada 2019 dengan keyakinan bahwa latar belakang militernya akan membuat negara itu aman setelah serangan bom yang diilhami ISIS awal tahun itu menewaskan lebih dari 260 orang.

“Kami berharap dia berada di balik jeruji besi, tidak melarikan diri ke pulau tropis! Keadilan macam apa itu?” seru Sithara Sedaraliyanage, seorang demonstran. “Ini adalah pertama kalinya orang-orang di Sri Lanka bangkit seperti ini melawan seorang presiden. Kami ingin pertanggungjawaban.”

Presiden Sri Lanka dilindungi dari penangkapan saat berkuasa, dan kemungkinan Rajapaksa merencanakan pelariannya saat dia masih memiliki kekebalan konstitusional. Gugatan korupsi terhadapnya dalam peran sebelumnya sebagai pejabat pertahanan ditarik ketika ia terpilih sebagai presiden pada tahun 2019.

Korupsi dan salah urus telah membuat negara kepulauan itu dibebani utang dan tidak mampu membayar impor kebutuhan pokok. Kekurangan telah menabur keputusasaan di antara 22 juta orang di negara itu. Orang-orang Sri Lanka melewatkan makan dan mengantre berjam-jam untuk mencoba membeli bahan bakar yang langka.

Sebagai manajer restoran di sebuah hotel di Kolombo, dia dulu memiliki penghasilan tetap. Tetapi karena tidak ada turis yang masuk, hotel ditutup, katanya. Sri Lanka mengandalkan bantuan dari negara tetangga India dan dari China.

Ditanya apakah China berada terlibat berbicara dengan Sri Lanka tentang kemungkinan pinjaman, seorang pejabat Kementerian Luar Negeri China tidak memberikan indikasi apakah diskusi semacam itu sedang terjadi.

“China akan terus menawarkan bantuan karena kemampuan kami memungkinkan pembangunan sosial dan pemulihan ekonomi Sri Lanka,” kata juru bicara itu, Wang Wenbin.

Pada hari Selasa, para pemimpin agama Sri Lanka mendesak para pengunjuk rasa untuk meninggalkan gedung-gedung pemerintah. Para pengunjuk rasa telah bersumpah untuk menunggu sampai Rajapaksa dan Wickremesinghe dicopot dari jabatannya.

Setelah penyerbuan gedung-gedung pemerintah, “jelas ada konsensus di negara ini bahwa kepemimpinan pemerintah harus berubah,” kata Jehan Perera, direktur eksekutif Dewan Perdamaian Nasional Sri Lanka, sebuah lembaga pemikir.

Para pengunjuk rasa menuduh presiden dan kerabatnya menyedot uang dari kas pemerintah selama bertahun-tahun dan pemerintahan Rajapaksa mempercepat keruntuhan negara dengan salah mengelola ekonomi. Keluarga telah membantah tuduhan korupsi, tetapi Rajakpaksa mengakui beberapa kebijakannya berkontribusi pada kehancuran tersebut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home