Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:56 WIB | Selasa, 26 Juli 2022

Presiden Taiwan Awasi Latihan Militer dari Kapal Perang

Latihan terbesar dalam kesiapsiagaan hadapi kemungkinan serangan China.
Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, menyapa para jenderal militer pada sebuah upacara di Taipei, Taiwan, 28 Juni 2022. (Foto: dok. Reuters)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, naik kapal perang angkatan laut pada hari Selasa (26/7) untuk kedua kalinya dalam enam tahun masa jabatannya, di mana dia memuji tekad militer untuk mempertahankan pulau itu sambil mengawasi latihan angkatan laut dan udara tahunan terbesarnya.

Latihan militer, yang mensimulasikan penolakan pasukan penyerang, bertepatan dengan latihan serangan udara di seluruh pulau karena meningkatkan kesiapan tempur dalam menghadapi tekanan militer dari China.

Ketegasan Beijing yang tumbuh terhadap pulau yang diklaimnya sebagai miliknya, dikombinasikan dengan invasi Rusia ke Ukraina, telah memperbarui perdebatan tentang bagaimana meningkatkan pertahanan dan mendorong pihak berwenang untuk meningkatkan persiapan jika terjadi serangan China.

Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau itu di bawah kendalinya. Taiwan menolak klaim kedaulatan Beijing dan bersumpah untuk mempertahankan kebebasan dan demokrasinya.

Sebagai bagian dari latihan tahunan “Han Kuang” Taiwan, 20 kapal perang termasuk fregat dan kapal perusak menembakkan peluru untuk mencegat dan menyerang calon penyerang di lepas pantai timur laut Taiwan, sementara armada jet tempur F-16 dan pesawat tempur Ching-kuo buatan dalam negeri diluncurkan dalam serangan udara.

Tsai, di atas kapal perusak rudal kelas Kidd Amerika Serikat yang dinonaktifkan di perairan lepas kota pelabuhan Suao, terlihat mengenakan pakaian kamuflase dan menyapa tentara. “Latihan luar biasa barusan menunjukkan kemampuan dan tekad tentara  Taiwan untuk membela negara,” kata Tsai kepada tentara melalui siaran kabin, menggunakan nama resmi Taiwan.

“Mari kita terus menjaga tanah air kita bersama-sama. Kerja bagus,” katanya.

Latihan lima hari itu dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang niat China terhadap Taiwan. China mengatakan pada hari Senin (25/7) bahwa pihaknya meningkatkan peringatan kepada pemerintahan Biden tentang kemungkinan kunjungan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, ke Taiwan. Kunjungan semacam itu sering menjadi sumber ketegangan antara Beijing dan Washington.

Amerika Serikat tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan, tetapi terikat oleh hukum AS untuk menyediakan pulau yang diperintah secara demokratis itu dengan sarana untuk mempertahankan diri.

Meskipun militer Taiwan terlatih dengan baik dan dilengkapi dengan sebagian besar perangkat keras buatan AS, China memiliki keunggulan numerik yang sangat besar dan menambahkan peralatan canggih seperti pesawat tempur siluman.

Berbicara dalam pidato yang direkam sebelumnya di sebuah forum keamanan di Taipei pada hari Selasa (26/7)  pagi, Tsai mengatakan “pasukan otoriter” mengancam akan menumbangkan status quo di kawasan Indo-Pasifik dan Taiwan berdiri di garis depan geopolitik untuk “melawan agresi otoriter."

Latihan di seluruh pulau tahun ini termasuk penolakan pasukan penyerang di pelabuhan utama dekat ibu kota Taipei, latihan pertempuran perkotaan oleh pasukan cadangan, dan latihan untuk mentransfer jet melintasi Taiwan ke bunker yang digali dari sisi pegunungan di daerah terpencil, di pantai timur untuk menahan gelombang pertama serangan rudal.

Di antara kapal perang yang dipamerkan adalah kapal pengangkut ranjau baru di pulau itu serta korvet siluman, yang telah dijuluki oleh angkatan laut Taiwan sebagai “pembunuh kapal induk” karena pelengkap rudal anti-kapalnya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home