Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:02 WIB | Selasa, 11 Oktober 2022

Presiden Taiwan: Perang dengan China Sama Sekali Bukan Pilihan

Foto diambil pada 9 Oktober 2021, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berbicara selama perayaan hari nasional di depan Istana Kepresidenan di Taipei. (Foto: dok. AFP)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM-Perang antara Taiwan dan China “sama sekali bukan pilihan,” kata Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada hari Senin (10/10), saat dia mengulangi kesediaannya untuk berbicara dengan Beijing dan juga berjanji untuk meningkatkan pertahanan pulau itu termasuk dengan rudal presisi.

Taiwan yang demokratis, yang diklaim China sebagai wilayahnya, mendapat tekanan militer dan politik yang meningkat dari Beijing, terutama setelah latihan perang China pada awal Agustus menyusul kunjungan Ketua Kongres Amerika Serikat, Nancy Pelosi, ke Taipei.

Setiap konflik atas Taiwan dapat menyeret AS, Jepang dan mungkin sebagian besar dunia, serta menghancurkan ekonomi global, terutama mengingat posisi dominan Taiwan sebagai pembuat semikonduktor yang digunakan dalam segala hal mulai dari smartphone dan tablet hingga jet tempur.

Tsai, dalam pidato hari nasionalnya di luar kantor kepresidenan di bawah langit kelabu, mengatakan “disesalkan” bahwa China telah meningkatkan intimidasi dan mengancam perdamaian dan stabilitas di Selat dan kawasan Taiwan.

China seharusnya tidak berpikir ada ruang untuk kompromi dalam komitmen rakyat Taiwan terhadap demokrasi dan kebebasan, katanya.

“Saya ingin menjelaskan kepada pihak berwenang Beijing bahwa konfrontasi bersenjata sama sekali bukan pilihan bagi kedua pihak kita. Hanya dengan menghormati komitmen rakyat Taiwan terhadap kedaulatan, demokrasi, dan kebebasan kita, ada dasar untuk melanjutkan interaksi konstruktif di Selat Taiwan.”

Tidak ada reaksi langsung dari Beijing. China menyebut Tsai, yang terpilih kembali dengan telak pada tahun 2020 dengan janji untuk melawan Beijing, sebagai separatis dan menolak untuk berbicara dengannya.

Tsai mengatakan, untuk bertepuk tangan, bahwa pemerintahnya menantikan dimulainya kembali pertukaran orang-ke-orang yang sehat dan teratur pasca pandemi di seluruh selat, yang akan meredakan ketegangan.

Tetapi konsensus luas di Taiwan adalah bahwa kedaulatan dan cara hidup yang bebas dan demokratis harus dipertahankan, tambahnya.

“Pada titik ini, kami tidak memiliki ruang untuk kompromi,” katanya.

Tsai telah menjadikan penguatan pertahanan Taiwan sebagai landasan pemerintahannya untuk memungkinkannya melakukan pencegahan yang lebih kredibel ke China, yang meningkatkan program modernisasi ambisius militernya sendiri.

Taiwan akan menunjukkan kepada dunia bahwa mereka bertanggung jawab atas pertahanannya sendiri, kata Tsai.

Taiwan meningkatkan produksi massal rudal presisi dan kapal angkatan laut berkinerja tinggi, dan bekerja untuk memperoleh senjata kecil yang sangat mobile yang akan memastikan Taiwan sepenuhnya siap untuk menanggapi “ancaman militer eksternal”, tambahnya.

Ketegangan militer telah menimbulkan kekhawatiran, terutama di AS, tentang konsentrasi pembuatan chip di Taiwan.

“Saya ingin secara khusus menekankan satu hal kepada sesama warga dan komunitas internasional, bahwa konsentrasi sektor semikonduktor di Taiwan tidak berisiko,” katanya.

“Kami akan terus mempertahankan keunggulan dan kapasitas Taiwan dalam proses manufaktur semikonduktor terdepan, dan akan membantu mengoptimalkan restrukturisasi rantai pasokan semikonduktor di seluruh dunia, memberikan perusahaan semikonduktor kami peran global yang bahkan lebih menonjol,” tambahnya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home