Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:40 WIB | Minggu, 06 Maret 2022

Presiden Ukraina, dalam Sepekan Tiga Kali Lolos dari Upaya Pembunuhan

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, mengimbau warga Rusia untuk menggelar protes atas penyerangan pasukan Rusia pada pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, yang terbesar di Eropa, dalam pidato dari Kiev, Ukraina 4 Maret 2022 dalam gambar diam ini dari video. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, hampir dibunuh tiga kali dalam pekan ini saja, menurut laporan dari The Times.

Laporan itu menyatakan bahwa dua kelompok berbeda dikirim untuk membunuhnya. Salah satunya adalah kelompok Wagner, yang didukung oleh Kremlin. Yang lainnya adalah pasukan khusus Chechnya, milik organisasi paramiliter Kadyrovites yang membantu Rusia.

Upaya pembunuhan mereka digagalkan ketika unit mereka "dihilangkan," kataOleksiy Danilov, kepala Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina, mengatakan Selasa lalu.

Daily Mail menyatakan bahwa kedua kelompok yang digagalkan itu adalah "elemen anti perang dalam pasukan Keamanan Federal Rusia," dengan unit Wagner terkejut melihat bagaimana Ukraina mengantisipasi serangan mereka dan menderita banyak korban sebagai akibatnya.

Para pembunuh digagalkan oleh anggota subversif anti-perang dalam Layanan Keamanan Federal Rusia (FSB), penerus Rusia untuk KGB, yang memberi tahu pejabat Ukraina, menurut laporan The Times. Sekretaris Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina mengkonfirmasi tiga upaya pembunuhan dan mengatakan kepada pers lokal bahwa dia telah menerima informasi dari agen ganda 'yang tidak ingin ambil bagian dalam perang berdarah ini.'

Salah satu kelompok yang dilaporkan mencoba membunuh Zelensky, 44 tahun, adalah Grup Wagner - yang memiliki 400 anggota yang berlokasi di Kiev ketika anggotanya menyusup ke Ukraina dengan 'daftar pembunuhan' 24 nama. Jika upaya itu berhasil, Presiden Rusia Vladimir Putin akan dapat menyangkal keterlibatan apa pun.

Presiden Ukraina (digambarkan di garis depan) telah mengakui bahwa dia tahu dia adalah target terbesar Rusia. Grup Wagner - yang memiliki 400 personel di Kiev saja, dan orang Chechnya berusaha membunuhnya pekan lalu

"Mereka akan masuk ke sana dengan misi yang sangat terkenal, sesuatu yang ingin disangkal oleh Rusia, pemenggalan kepala negara adalah misi besar," kata seorang sumber kepada Times. 'Dalam hal dampak pada kebijakan kedaulatan Rusia, ini mungkin akan menjadi misi terbesar mereka sejauh ini. Itu akan berdampak besar pada perang.'

Tentara yang disewa, dijalankan oleh oligarki Yevgeny Prigozhin, sekutu dekat presiden Rusia yang sering dijuluki 'koki Putin', diterbangkan lima pekan lalu dan ditawarkan sejumlah besar uang untuk misi tersebut.

Beberapa hari yang lalu, operasi yang sangat terlatih dikatakan menunggu lampu hijau dari Kremlin untuk menerkam, dengan daftar sasaran mereka juga termasuk perdana menteri Ukraina, seluruh kabinet, walikota Kiev Vitali Klitschko dan saudaranya Wladimir,  keduanya juara tinju yang menjadi figur ikonik di lini depan ibu kota.

Rencana itu disabotase setelah mereka mencapai eselon atas pemerintah Ukraina pada hari Sabtu (5/3) pagi, mendorong Kiev untuk mengumumkan jam malam 'keras' selama 36 jam, memerintahkan semua orang di dalam ruangan sehingga tentara dapat menyapu jalan-jalan untuk penyabot Rusia.

Sungguh "menakutkan" bagaimana pasukan Ukraina diberi pengarahan dengan baik, kata unit itu, menurut sumber yang dekat dengan kelompok yang dikutip oleh The Times.

Tidak jauh dari Kiev, Zelenskyy telah menghindari upaya pembunuhan dari pembunuh Chechnya yang tersingkir bahkan sebelum mencapai dia.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home