Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:54 WIB | Sabtu, 24 Desember 2022

Presiden Ukraina Kembali dari AS di Tengah Serangan Rudal Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berpidato pada pertemuan gabungan Kongres di Capitol Hill di Washington, Rabu, 21 Desember 2022. (AP Photo/Carolyn Kaster)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menyuarakan nada menantang lainnya saat kembali ke ibu kota negaranya hari Jumat (23/12) setelah kunjungan masa perangnya ke Amerika Serikat. Dia mengatakan pasukannya "bekerja menuju kemenangan" bahkan ketika Rusia memperingatkan bahwa tidak akan mengakhiri perang sampai mencapai tujuan militernya.

Zelenskyy memposting di akun Telegramnya bahwa dia berada di kantornya di Kiev setelah perjalanannya ke AS yang mendapatkan paket bantuan militer baru senilai US$1,8 miliar, dan berjanji bahwa “kami akan mengatasi segalanya.”

Presiden Ukraina juga berterima kasih kepada Belanda karena telah menjanjikan hingga 2,5 miliar euro (US$2,65 miliar) untuk tahun 2023, untuk membantu membayar peralatan militer dan membangun kembali infrastruktur penting.

Kembalinya Zelenksyy terjadi di tengah tembakan artileri, roket dan mortir Rusia yang tiada henti serta serangan udara di front timur dan selatan dan di tempat lain di Ukraina.

Rusia: Perundingan Setelah Tujuan Dicapai

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan perang akan berakhir di meja perundingan setelah "operasi militer khusus" mencapai "tujuan yang telah ditetapkan Federasi Rusia," menambahkan bahwa "kemajuan yang signifikan telah dibuat dalam demiliterisasi Ukraina."

Juru bicara Kremlin mengatakan tidak ada rencana perdamaian Ukraina yang dilaporkan dapat berhasil tanpa mempertimbangkan "realitas hari ini yang tidak dapat diabaikan", merujuk pada permintaan Moskow agar Ukraina mengakui kedaulatan Rusia atas Semenanjung Krimea, yang dianeksasi pada tahun 2014, sebagaimana serta keuntungan teritorial lainnya.

Setidaknya lima warga sipil tewas dan 18 lainnya terluka dalam serangan Rusia di delapan wilayah di selatan dan timur Ukraina dalam 24 jam terakhir, menurut wakil kepala kantor kepresidenan Ukraina.

Dalam pembaruan Telegram reguler, Kyrylo Tymoshenko mengatakan rudal Rusia menghancurkan sebuah sekolah asrama di kota timur Kramatorsk, rumah markas besar tentara Ukraina.

Militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia menembakkan beberapa peluncur roket "lebih dari 70 kali" melintasi wilayah Ukraina dalam semalam, sementara pertempuran sengit berkecamuk di sekitar kota Bakhmut di wilayah timur Donetsk.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan Bakhmut dan Lyman di wilayah tetangga Luhansk serta garis depan antara wilayah Luhansk dan Kharkiv menanggung beban serangan Rusia, tetapi tidak merinci sampai sejauh mana.

Sebanyak 61 serangan roket, artileri, dan mortir Rusia diluncurkan di wilayah Kherson selama 24 jam terakhir. Gubernur daerah Kherson Yaroslav Yanushevych memposting di Telegram bahwa pasukan Rusia menyerang dari posisi galian di tepi kanan sungai Dnieper, menghantam institusi pendidikan, blok apartemen, dan rumah pribadi.

Di wilayah Kharkiv dan Dnipropetrovsk timur, militer Ukraina mengatakan Rusia melancarkan enam serangan rudal dan banyak serangan udara terhadap sasaran sipil, sementara pasukan Ukraina memukul mundur serangan darat Rusia di atau dekat 19 permukiman di utara dan timur.

Penembakan Rusia semalam juga menghantam sebuah rumah sakit distrik di timur laut kota Volchansk, wilayah Kharkiv, melukai lima orang, menurut Gubernur setempat Oleh Syniehubov.

Sementara itu, militer Ukraina mengatakan beberapa ledakan mengoyak bangunan pabrik yang menampung pasukan Rusia di kota Tokmak yang diduduki di wilayah Zaporizhzhia selatan pada Kamis malam, yang memicu kebakaran. Pusat Komunikasi Strategis Angkatan Bersenjata Ukraina tidak segera melaporkan korban atau siapa yang berada di balik ledakan itu.

Jumat pagi, walikota Ukraina dari kota selatan Melitopol mengatakan bahwa sebuah mobil yang digunakan oleh pasukan pendudukan Rusia meledak, meskipun tidak jelas apakah ada yang terluka.

Laporan itu muncul sehari setelah sebuah bom mobil menewaskan kepala desa Lyubymivka yang ditunjuk Rusia di wilayah tetangga Kherson, menurut laporan berita Rusia dan Ukraina. Gerilyawan Ukraina selama berbulan-bulan beroperasi di belakang garis Rusia di selatan dan timur Ukraina yang diduduki, menargetkan pejabat, institusi, dan infrastruktur utama yang dipasang Kremlin, seperti jalan dan jembatan.

Juru bicara Kremlin Peskov mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Jumat akan mengunjungi pabrik senjata di Tula, sekitar 150 kilometer (90 mil) selatan Moskow, dan memimpin pertemuan tentang industri senjata negara di sana. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home