Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:20 WIB | Selasa, 11 April 2023

Presiden Ukraina Tur Beberapa Hari ke Medan Tempur di Wilayah Timur

Presiden Ukraina Tur Beberapa Hari ke Medan Tempur di Wilayah Timur
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, tiba di stasiun kereta api di Trostianets di wilayah Sumy Ukraina, Selasa 28 Maret 2023. (Foto: foto: AP/Efrem Lukatsky)
Presiden Ukraina Tur Beberapa Hari ke Medan Tempur di Wilayah Timur
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, berswafoto saat berkunjung ke stasiun kereta api di Trostianets di wilayah Sumy Ukraina, Selasa 28 Maret 2023.

OKHTYRKA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, mengunjungi wilayah Sumy di Ukraina utara pada hari Selasa (28/3), melanjutkan turnya selama beberapa hari terakhir di wilayah negara yang telah merasakan beban invasi skala penuh Rusia dan saat medan tempur semakin terlihat siap untuk serangan balasan Ukraina.

Presiden Volodymyr Zelenskyy bertemu dengan pejabat dan masyarakat lokal di dua kota di wilayah tersebut dan dengan penjaga perbatasan di lokasi yang dirahasiakan di dekat perbatasan dengan Rusia.

Wilayah Sumy sebagian diduduki oleh pasukan Rusia setelah perang dimulai lebih dari setahun yang lalu. Rusia menarik diri dari wilayah tersebut pada awal April.

Associated Press diberikan akses eksklusif saat Zelenskyy mengunjungi kota-kota Okhtyrka, yang mengalami pertempuran sengit tahun lalu tetapi tidak pernah diduduki, dan Trostianets, yang dikuasai Rusia selama sebulan setelah invasi tetapi direbut kembali oleh pasukan Ukraina pada 26 Maret. 2022.

Kantor presiden mengatakan Zelenskyy juga pergi ke perbatasan Rusia untuk bertemu dengan penjaga perbatasan dan mendengar bagaimana mereka melindungi pos pemeriksaan. Otoritas Ukraina mengatakan Rusia telah meningkatkan penembakan di daerah perbatasan di wilayah Sumy dalam beberapa pekan terakhir.

Perjalanan Zelenskyy mengikuti kunjungannya selama tujuh hari terakhir ke wilayah Kherson dan Kharkiv, yang sebagian direbut kembali tahun lalu dari pasukan Kremlin, ke daerah yang diperebutkan dengan sengit di dekat Bakhmut di wilayah timur Donetsk, dan ke Zaporizhzhia di selatan.

Juga pada hari Selasa, setidaknya tiga warga sipil tewas dan 43 lainnya terluka oleh serangan terbaru Rusia yang melibatkan drone, bom luncur, dan artileri berat, kata kantor kepresidenan Ukraina.

Di wilayah Donetsk di timur, penembakan Rusia menghantam 12 kota dan desa, menewaskan dua orang dan melukai 34 lainnya. Penembakan Rusia juga menargetkan kota selatan Kherson, di mana lima orang terluka. Di Bilopillia di wilayah Sumy, serangan Rusia merusak gedung sekolah dan gedung apartemen.

Berbicara kepada orang banyak di alun-alun di Okhtyrka, Zelenskyy berjanji bahwa kota yang dilanda pertempuran itu akan dibangun kembali. "Kami tidak akan membiarkan luka tetap ada di tubuh negara kami," katanya.

Di Trostianets, Zelenskyy memberikan penghormatan kepada tentara di stasiun kereta lokal, di mana otoritas Ukraina mengatakan Rusia menyiksa para tahanan. Dia juga bertemu dengan Menteri Rekonstruksi Ukraina, Oleksandr Kubrakov.

Banyak bangunan di kota yang rusak atau hancur akibat perang, dengan tembok yang runtuh dan atap yang bocor.

Warga Trostianets, Dmytro Zaiats, mengatakan kepada AP bahwa kunjungan presiden sangat berarti baginya. “Itu adalah simbol persatuan dan tekad besi yang menyatukan negara,” katanya.

Ekspektasi dorongan Ukraina terhadap posisi Rusia meningkat saat cuaca membaik dan senjata yang dipasok Barat untuk Kiev tiba.

Jerman mengatakan pada Senin malam pihaknya telah mengirimkan 18 tank Leopard II yang telah dijanjikannya ke Ukraina. Polandia, Kanada, Norwegia dan Portugal juga telah mengirimkan tank Leopard yang dijanjikan. Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan di Twitter bahwa tank tempur Challenger 2 Inggris yang pertama juga telah tiba.

“Mesin-mesin fantastis ini akan segera memulai misi tempur mereka,” kata Reznikov.

Rusia meningkatkan produksi perlengkapan perangnya sendiri. Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengunjungi pabrik-pabrik di daerah Chelyabinsk dan Kirov yang memproduksi peluru artileri dan roket, kata Kementerian Pertahanan Rusia, menambahkan bahwa pabrik tersebut akan meningkatkan produksi barang-barang tertentu tujuh atau delapan kali lipat akhir tahun ini.

Rusia terus melakukan pengeboman jarak jauh di wilayah Ukraina, tetapi serangan malam hari dengan pesawat tak berawak Shahed buatan Iran hanya menyebabkan sedikit kerusakan.

Militer Ukraina menjatuhkan 14 dari 15 drone Shahed yang ditembakkan Rusia pada Senin malam, kata Staf Umum angkatan bersenjata Ukraina.

Administrasi militer regional Kiev mengatakan bahwa puing-puing dari pesawat tak berawak yang jatuh menghantam gedung administrasi di Distrik Sviatoshynskyi di bagian barat ibu kota, menyebabkan kebakaran. Tidak ada korban jiwa.

Gubernur daerah Dnipropetrovsk, Serhii Lysak, mengatakan militer Ukraina menembak jatuh dua pesawat tak berawak dalam semalam, tetapi satu lagi menghantam fasilitas industri milik swasta di kota Dnipro dan menyebabkan kebakaran yang membutuhkan waktu berjam-jam untuk dipadamkan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home