Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:02 WIB | Rabu, 05 Oktober 2022

Protes Terus Meluas, Presiden Iran Serukan Persatuan

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, berpidato di depan parlemen dalam sidangmosi percaya untuk menteri tenaga kerja yang diusulkannya di Teheran, Iran, Selasa, 4 Oktober 2022. (Foto: AP/Vahid Salemi)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Presiden Iran, Ebrahim Raisi, pada hari Selasa (4/10) menyerukan persatuan nasional dan mencoba meredakan kemarahan terhadap penguasa negara itu, bahkan ketika protes anti pemerintah yang telah melanda negara itu selama berminggu-minggu terus menyebar ke universitas dan sekolah tinggi.

Raisi mengakui bahwa Republik Islam memiliki “kelemahan dan kekurangan,” tetapi mengulangi kalimat resmi bahwa kerusuhan yang dipicu bulan lalu oleh kematian seorang perempuan dalam tahanan polisi moralitas negara itu tidak lain adalah plot oleh musuh-musuh Iran.

“Hari ini tekad negara ditujukan pada kerja sama untuk mengurangi masalah rakyat,” katanya dalam sidang  parlemen. “Persatuan dan integritas nasional adalah kebutuhan yang membuat musuh kita putus asa.”

Klaimnya menggemakan klaim pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, yang menyalahkan Amerika Serikat dan Israel, musuh negara itu, karena menghasut kerusuhan dalam pidato pertamanya tentang protes nasional pada hari Senin. Ini adalah taktik yang akrab bagi para pemimpin Iran, yang tidak mempercayai pengaruh Barat sejak Revolusi Islam 1979 dan biasanya menyalahkan masalah domestik pada musuh asing tanpa memberikan bukti.

Protes, yang muncul sebagai tanggapan atas kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun setelah penangkapannya karena diduga melanggar aturan berpakaian ketat Republik Islam, telah melibatkan puluhan kota di seluruh negeri dan berkembang menjadi tantangan paling luas bagi kepemimpinan Iran di Iran selama bertahun-tahun. Serangkaian krisis yang membara telah membantu memicu kemarahan publik, termasuk penindasan politik negara itu, ekonomi yang sakit, dan isolasi global.

Ruang lingkup kerusuhan yang sedang berlangsung, yang paling berkelanjutan dalam lebih dari satu dekade, masih belum jelas karena saksi melaporkan pertemuan spontan di seluruh negeri yang menampilkan tindakan pembangkangan kecil, seperti pengunjuk rasa meneriakkan slogan dari atap rumah, memotong rambut mereka dan membakar jilbab mereka yang diamanatkan negara.

Harian Kayhan dari kelompok garis keras pada hari Selasa mencoba untuk mengecilkan skala gerakan, mengatakan bahwa "anti revolusioner," atau mereka yang menentang Republik Islam, "adalah minoritas mutlak, mungkin 1%."

Tetapi surat kabar garis keras lainnya, harian Jomhuri Eslami, meragukan klaim pemerintah bahwa negara-negara asing harus disalahkan atas kekacauan di negara itu. “Baik musuh asing maupun oposisi domestik tidak dapat membawa kota ke dalam keadaan kerusuhan tanpa latar belakang ketidakpuasan,” bunyi editorialnya. "Penyangkalan fakta ini tidak akan membantu."

Kematian seorang gadis berusia 17 tahun di Teheran baru-baru ini juga telah memicu kemarahan di media sosial Iran. Nika Shahkarami, yang tinggal di ibu kota bersama ibunya, menghilang pada suatu malam bulan lalu selama protes di Teheran, kata pamannya, Kianoush Shakarami, kepada kantor berita semi-resmi Tasnim.

Dia hilang selama sepekan sebelum tubuhnya yang tak bernyawa ditemukan di jalan Teheran dan dikembalikan ke keluarganya, Tasnim melaporkan, menambahkan kerabat belum menerima kabar resmi tentang bagaimana dia meninggal.

Aktivis Iran yang berbasis di luar negeri menuduh dia meninggal dalam tahanan polisi, dengan ratusan orang mengedarkan fotonya dan menggunakan namanya sebagai tagar online untuk gerakan protes. Jaksa di provinsi Lorestan barat, Dariush Shahoonvand, membantah melakukan kesalahan apa pun oleh pihak berwenang dan mengatakan dimakamkan di desanya hari Senin.

Saat tahun ajaran baru dimulai pekan ini, demonstrasi menyebar dengan cepat ke kampus-kampus universitas, yang telah lama dianggap sebagai tempat perlindungan pada saat terjadi gejolak. Video di media sosial menunjukkan siswa mengekspresikan solidaritas dengan rekan-rekan yang telah ditangkap dan menyerukan diakhirinya Republik Islam. Diguncang oleh kerusuhan, banyak universitas memindahkan kelas online pekan ini.

Universitas Teknologi Sharif yang bergengsi di Teheran menjadi medan perang pada hari Minggu ketika pasukan keamanan mengepung kampus dari semua sisi dan menembakkan gas air mata ke pengunjuk rasa yang bersembunyi di dalam tempat parkir, mencegah mereka pergi. Serikat mahasiswa melaporkan bahwa polisi menangkap ratusan mahasiswa, meskipun banyak yang kemudian dibebaskan.

Dalam salah satu video pada hari Senin, mahasiswa di Tarbiat Modares Universitas di Teheran berbaris dan meneriakkan, "Siswa yang dipenjara harus dibebaskan!" Di tempat lain, mahasiswa mengalir melalui Universitas Khayyam di kota konservatif Masyhad, berteriak, “Universitas Sharif telah menjadi penjara! Penjara Evin telah menjadi universitas!” mengacu pada penjara terkenal Iran di Teheran. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home