Loading...
SAINS
Penulis: Prasasta Widiadi 08:42 WIB | Minggu, 12 Maret 2017

PTKIN Harus Perkuat Jaringan Ulama Moderat

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama Nur Syam. (Foto: kemenag.go.id)

JEMBER, SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama Nur Syam meminta  Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN)  memperkuat jaringan ulama moderat di wilayahnya masing-masing.

Pesan ini disampaikan Nur Syam saat menjadi pembicara pada Orientasi Pembinaan Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Sosialisasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh IAIN Jember, Jawa Timur, Jumat (10/3).

Menurutnya, jejaring yang kuat dan efektif dengan ulama moderat ini penting sebagai instrumen dalam membangun kesepahaman akan pentingnya mempertahankan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan kebinekaan sebagai pilar kebangsaan yang tidak boleh bergeser dari Indonesia.

Apalagi, lanjut Nur Syam, dewasa ini Indonesia dihadapkan pada persoalan kebangsaan, seiring munculnya pemahaman dan pengamalan agama yang ekstrem dan radikal.

Dia mengatakan jika dulu gerakan semacam ini tanpa bentuk dan bawah tanah, sekarang mulai terang-terangan. Bahkan, ada juga yang sudah memproklamirkan khilafah Islamiyah sebagai solusi atas permasalahan bangsa.  

Mereka menganggap Pancasila, UUD 1945 dan NKRI sudah tidak lagi cocok bagi bangsa ini. Mereka juga menyatakan saatnya Indonesia menjadi Negara Islam dalam corak khilafah Islamiyah.

Di hadapan civitas akademika IAIN Jember, Nur Syam mengatakan radikalisme, fundamentalisme, ekstremisme, liberalisme, HAM, demokratisasi, transparansi, dan lainnya dijadikan pupuk untuk memperkuat akar kebangsaan. "Jadi takarannya harus sesuai. Jangan berlebihan dalam pemberian pupuk itu agar akar, batang dan daunnya tidak mati," kata Nur Syam.

“Berbagai ideologi dunia tentu tidak bisa dihadang di era ini, akan tetapi yang penting ialah bagaimana ideologi dunia tersebut dapat dipelajari, dikaji dan dianalisis untuk kepentingan memperkuat jati diri kebangsaan kita,” kata Nur Syam.

Nur Syam berharap civitas akademika PTKIN bisa menjadi agen detektor dini terhadap masalah masalah keagamaan. Dengan begitu, semua permasalahan keagamaan dapat segera diinformasikan untuk bisa mendapatkan penanganan.

Di tempat berbeda, saat menjadi pembicara pada Rakerda Kanwil Sumatera Barat, Nur Syam juga memberikan pesan yang sama kepada aparatur Kemenag.

Nur Syam mengingatkan tentang salah satu misi Kementerian Agama, yaitu meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan beragama.

"Saya sering menyebut bahwa misi ini merupakan misi utama Kemenag. Saya sebut sebagai kunci sebab dari seluruh apa yang dilakukan Kemenag, ujung akhirnya ialah terjadinya peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan beragama," kata Nur Syam.

Dengan kata lain, baik atau buruknya pemahaman dan pengamalan beragama sangat tergantung pada bagaimana kiprah Kemenag dalam mengatur kualitas paham dan amalan beragama. "Bisa juga menjadi benar statemen ini, sebab di dalam banyak hal memang core business kita adalah untuk perbaikan kualitas pemahaman dan pengamalan beragama," kata Nur Syam.

Selain soal moderasi beragama, Nur Syam juga meminta agar civitas akademika PTKIN dan aparatur Kementerian Agama membenahi sistem manajemen kerja, mulai dari yang terkait dengan absensi kehadiran sampai pada peningkatan kinerja. Dalam rangka meningkatkan pelayanan, Nur Syam juga mengingatkan jajarannya untuk mengoptimalkan teknologi infromasi. (kemenag.go.id)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home