Loading...
EKONOMI
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:11 WIB | Jumat, 27 Juni 2014

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Diluncurkan

​Peluncuran Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Kota Padang (Foto : bi.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM  - Plt.Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama,  meresmikan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) , yang diberi nama Informasi Pangan Jakarta (IPJ), Kamis (26/6).

Siaran pers Bank Indonesia (BI), Kamis (26/6) , menyebutkan peresmian yang dilakukan di Gedung Balai Kota Jakarta,  disaksikan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Hendar, dan Direktur Utama PD. Pasar Jaya, Ir. Djangga Lubis.

Pengembangan IPJ,  diprakarsai oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Jakarta,  dan dilaksanakan bersama-sama oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Bank Indonesia, dan PD Pasar Jaya.

Keberadaan IPJ ditujukan,  untuk mengatasi masalah kesenjangan informasi harga pangan di kalangan masyarakat , sebagai bagian penting dalam upaya pengendalian inflasi.

Peran IPJ menjadi sangat strategis,  karena Jakarta sebagai kota metropolitan dan barometer perekonomian nasional,  memiliki kontribusi besar dalam pembentukan angka inflasi nasional.

Informasi harga pangan yang terpercaya diyakini dapat mempengaruhi ekspektasi pembentukan harga. Adanya transparansi harga bahan pangan diharapkan dapat menciptakan konvergensi harga,  yang akan mengurangi potensi gejolak perekonomian di daerah.

Saat ini,  informasi mengenai harga bahan pangan yang terpercaya belum sepenuhnya tersosialisasi dengan baik,  dan menjadi salah satu kendala dalam menjaga ekspektasi harga di tingkat produsen dan konsumen.

Laman IPJ,  mencakup informasi harga komoditas pangan strategis di 13 pasar di Jakarta,  yang terdiri dari dua pasar induk (Pasar Induk Beras Cipinang dan Pasar Induk Kramat Jati),  dan 11 pasar lainnya yang tersebar di 5 Wilayah DKI Jakarta, yakni Pasar Senen, Pasar Jembatan Merah, Pasar Minggu, Pasar Glodok, Pasar Grogol, Pasar Pramuka, Pasar Mayestik, Pasar Jatinegara, Pasar Kramat Jati, Pasar Sunter dan Pasar Rawa Badak.

Terdapat 34 komoditas yang memiliki pangsa cukup besar,  dalam keranjang konsumsi masyarakat Jakarta,  yang informasi harganya tersedia secara harian di laman IPJ dengan alamat http://infopangan.jakarta.go.id. (Ant)  

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home