Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:27 WIB | Sabtu, 27 Mei 2023

Putin Berada di Puncak Daftar Pembunuhan Ukraina

Selain itu, Kepala tentara bayaran Wagner,Yevgeny Prigozhin, Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, Kepala Staf Umum Valery Gerasimov, dan komandan militer Sergei Surovikin yang dijuluki "Jenderal Armageddon."
Presiden Rusia Vladimir Putin mengawasi latihan militer multinasional "Kavkaz-2020" di tempat pelatihan Kapustin Yar di Wilayah Astrakhan, Rusia 25 September 2020. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Kremlin mengatakan pada hari Kamis (25/5) bahwa dinas keamanan Rusia tahu apa yang mereka lakukan setelah seorang pejabat tinggi intelijen Ukraina mengatakan Presiden Vladimir Putin adalah orang nomor satu dalam daftar pembunuhan Kiev.

Vadym Skibitsky, wakil kepala dinas intelijen militer Ukraina, mengatakan kepada surat kabar Die Welt Jerman dalam sebuah wawancara bahwa Kiev ingin membunuh Putin "karena dia mengoordinasikan dan memutuskan apa yang terjadi" dalam perang dan bahwa pemimpin Rusia itu sadar dia berada di puncak daftar pembunuhan Ukraina.

"Tapi pada akhirnya, setiap orang harus bertanggung jawab atas tindakan mereka," kata Skibitsky seperti dikutip. “Putin memperhatikan bahwa kita semakin dekat dan dekat dengannya, tetapi dia juga takut dibunuh oleh rakyatnya sendiri,” kata Skibitsky kepada Die Welt.

Skibitsky kemudian menyebut orang Rusia lainnya, termasuk bos tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, Kepala Staf Umum, Valery Gerasimov, dan komandan militer Sergei Surovikin - yang dijuluki "Jenderal Armageddon" oleh media Rusia, sebagai target.

Dia dikutip mengatakan bahwa Putin adalah target yang sulit karena dia sering "bersembunyi," tetapi sekarang mulai lebih sering muncul di depan umum.

Ketika ditanya apakah langkah-langkah untuk melindungi Putin ditingkatkan setelah wawancara Skibitsky, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan kepada TV pemerintah pada hari Kamis: "Percayalah, pasukan keamanan kami tahu pekerjaan mereka dan tahu apa yang mereka lakukan."

Peskov mengatakan wawancara Skibitsky adalah konfirmasi bahwa Rusia benar untuk meluncurkan apa yang disebutnya "operasi militer khusus" di Ukraina 15 bulan lalu, sebuah konflik yang menurut Ukraina dan Barat adalah perang penaklukan yang tidak beralasan.

“Rezim teroris berbicara tentang aspirasi terorisnya. Operasi militer khusus lebih dari dibenarkan, lebih dari yang diperlukan dan harus diselesaikan dengan mencapai tujuannya,” kata Peskov.

Kremlin menggambarkan serangan pesawat tak berawak di Kremlin awal bulan ini sebagai upaya Ukraina untuk membunuh Putin, sesuatu yang ditolak Kiev pada saat itu.

The New York Times mengatakan sebelumnya pada hari Kamis bahwa badan intelijen Amerika Serikat percaya serangan pesawat tak berawak itu kemungkinan didalangi oleh mata-mata Ukraina atau intelijen militer. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home