Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:42 WIB | Kamis, 03 November 2022

Putin Melemah, Tapi Perubahan Kekuasaan Kremlin Tidak Dalam Waktu Dekat

Presiden Rusia, Vladimir Putin. (Foto: dok. Ist)

SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah dilemahkan oleh keputusannya untuk menyerang Ukraina, tetapi perubahan kekuasaan di tingkat atas di Rusia tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat karena sifat otokratis dari sistem politiknya, kata seorang pejabat Barat, hari Rabu (2/11).

Putin, pemimpin tertinggi Kremlin terlama sejak Josef Stalin, telah mendominasi Rusia selama hampir 23 tahun sejak Boris Yeltsin memberinya tas nuklir pada hari terakhir tahun 1999. Setelah perubahan konstitusi pada tahun 2020, beberapa pengamat Rusia memperkirakan Putin akan memerintah hingga 2036. Namun invasi 24 Februari ke Ukraina telah mengubah persepsi.

“Dia telah dilemahkan oleh kesalahan yang benar-benar dahsyat ini,” kata pejabat Barat, yang berbicara dengan syarat anonim agar dapat berbicara dengan bebas. “Kami melihat militer Rusia ditundukkan di medan perang oleh Ukraina.”

Pejabat itu mengatakan perang telah memperkuat kenegaraan Ukraina dan mendorong perluasan lebih lanjut dari aliansi militer NATO sehingga melemahkan Putin, yang berusia 70 tahun pada 7 Oktober.

“Orang-orang dapat melihat bahwa dia telah membuat kesalahan besar,” kata pejabat yang sama. "Mereka (Rusia) tidak memiliki Rencana B, mereka pikir ini akan sangat mudah."

“Itu berarti bahwa orang-orang berbicara lebih banyak tentang suksesi, mereka berbicara lebih banyak tentang apa yang akan terjadi selanjutnya, mereka membayangkan kehidupan di luar. Tetapi apa yang tidak saya lakukan adalah menyebutkan bahwa itu dalam waktu dekat.”

Meskipun tidak mungkin ada perubahan pemimpin Kremlin segera, pejabat itu mengatakan bahwa pertengahan tahun 2020-an mulai terlihat “lebih menarik”.

Pemilihan presiden Rusia berikutnya dijadwalkan pada 2024. Putin belum mengatakan apakah dia akan mencalonkan diri lagi atau tidak.

Kremlin, yang menolak komentar langsung atas komentar pejabat Barat, mengatakan Putin sejauh ini adalah politisi paling populer di Rusia dan telah memenangkan empat pemilihan presiden.

Putin mengatakan dia tidak menyesal meluncurkan apa yang dia sebut "operasi khusus" Rusia melawan Ukraina dan menjadikan perang sebagai momen penting ketika Rusia akhirnya menghadapi hegemoni Barat yang arogan setelah beberapa dekade dipermalukan di tahun-tahun sejak jatuhnya Un I Sovyet  tahun 1991.

Setelah Barat memberlakukan sanksi paling berat dalam sejarah modern di Moskow karena perang, Putin mengatakan Rusia beralih ke Asia, dan khususnya China, setelah berabad-abad memandang Barat sebagai wadah pertumbuhan ekonomi dan teknologi.

Perang Ukraina

Perang di Ukraina telah menewaskan puluhan ribu dan memicu konfrontasi terbesar dengan Barat sejak Krisis Rudal Kuba 1962, ketika negara adidaya Perang Dingin mendekati perang nuklir.

Baik pasukan Ukraina dan Rusia sedang menggali lubang perlindungan untuk musim dingin ketika suhu mulai turun, dan perang kemungkinan akan terus menjadi “konflik yang panjang, sulit dan berdarah”, kata pejabat itu.

Setelah perintah mobilisasi parsial 21 September dari Putin, setidaknya 400.000 orang Rusia telah meninggalkan negara itu selain arus keluar orang Rusia yang pergi tak lama setelah invasi diperintahkan, kata pejabat itu.

Ekonomi Rusia, kata mereka, akan berkontraksi setidaknya 4,5 persen pada 2022 dan juga akan berkontraksi tahun depan, kata pejabat itu. “Angka tersebut menutupi distorsi yang sangat signifikan dalam ekonomi karena peralihan ke produksi perang,” kata mereka.

Pejabat itu menambahkan bahwa tidak ada tanda, untuk saat ini, bahwa Rusia siap untuk bernegosiasi secara serius mengenai Ukraina. “Ini akan terus menjadi konflik yang panjang, sulit, dan berdarah.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home