Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:38 WIB | Rabu, 04 Mei 2022

Putin Mengatakan Siap untuk Pembicaraan dengan Ukraina

Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan Presiden Ukraina ,Volodymyr Zelensky. (Foto: dok.AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan kepada Presiden Prancis, Emmanuel Macron, bahwa Moskow siap untuk melakukan pembicaraan dengan Ukraina, kata laporan kantor berita negara TASS pada hari Selasa (3/5).

“Presiden Rusia menguraikan pendekatan berprinsip untuk bernegosiasi dengan perwakilan Ukraina, menekankan bahwa, terlepas dari inkonsistensi Kiev dan keengganan untuk bekerja secara serius, pihak Rusia masih terbuka untuk berdialog,” kata Kremlin dalam keterangan tentang pembicaraan tersebut.

Kremlin menambahkan bahwa Putin juga memberi tahu Macron tentang kemajuan “operasi militer khusus” Rusia, deskripsi Moskow tentang invasinya ke Ukraina. Dan Putin meminta Barat untuk berhenti memasok senjata ke Ukraina.

Kedua belah pihak membahas ancaman perang terhadap ketahanan pangan global, dan Putin mengatakan bahwa sanksi Barat terhadap negaranya memperburuk situasi.

Pekan lalu, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan dia siap untuk mengadakan pembicaraan dengan Putin.

“Tidak masalah apakah saya menginginkannya atau tidak. Selama tiga tahun terakhir yang saya miliki, yang diberikan orang kepada saya, saya siap untuk berdiskusi dengan presiden Rusia tentang akhir perang. Sekarang ini adalah sinyal yang sama (pernyataan Rusia tentang pembicaraan dengan Ukraina) yang mereka kirimkan sebelum mereka meluncurkan invasi skala besar. Saya menggarisbawahi sekali lagi bahwa mereka tidak siap untuk penyelesaian damai,” kata Zelenskyy.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home