Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 01:24 WIB | Minggu, 16 Oktober 2022

Putin Mengatakan Tidak Menyesal Memulai Perang di Ukraina

Dia berharap pasukan cadangan akan selesai latihan dalam dua pekan.
Relawan legiun Georgia memberikan penghormatan terakhir, selama upacara pemakaman sukarelawan Georgia, Edisher Kvaratskhelia, yang tewas di medan perang di Katedral St. Volodymyr di Kiev, Ukraina, hari Kamis, 13 Oktober 2022. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan bahwa dia mengharapkan mobilisasi tentara cadangannya untuk pertempuran di Ukraina akan selesai dalam waktu sekitar dua pekan. Ini memungkinkan dia untuk mengakhiri panggilan yang tidak populer dan kacau yang dimaksudkan untuk melawan keuntungan medan perang Ukraina dan memperkuat aneksasi ilegal atas wilayah pendudukan.

Putin, menghadapi ketidakpuasan domestik dan kemunduran militer di negara tetangga yang dipersenjatai dengan senjata Barat yang semakin canggih, juga mengatakan kepada pada hari Jumat (14/10) wartawan bahwa dia tidak menyesal memulai konflik dan "tidak bermaksud menghancurkan Ukraina" ketika dia memerintahkan pasukan Rusia untuk menyerang hampir delapan bulan lalu.

“Apa yang terjadi hari ini tidak menyenangkan, secara halus,” katanya setelah menghadiri pertemuan puncak Persemakmuran Negara-Negara Merdeka di ibu kota Kazakhstan. “Tapi kami akan memiliki semua ini sedikit kemudian, hanya dalam kondisi yang lebih buruk bagi kami, itu saja. Jadi tindakan saya benar dan tepat waktu.”

Kesulitan Rusia dalam mencapai tujuan perangnya terlihat jelas di salah satu dari empat wilayah Ukraina yang diklaim secara ilegal oleh Putin sebagai wilayah Rusia bulan lalu. Mengantisipasi kemajuan oleh pasukan Ukraina, otoritas yang ditempatkan di Moskow di wilayah Kherson mendesak penduduk untuk melarikan diri pada hari Jumat.

Bahkan beberapa pendukung Putin sendiri telah mengkritik cara Kremlin menangani perang dan mobilisasi, meningkatkan tekanan padanya untuk berbuat lebih banyak untuk membalikkan keadaan agar menguntungkan Rusia.

222.000 Mendaftar sebagai Pasukan Cadangan

Dalam komentarnya tentang mobilisasi tentara, Putin mengatakan tindakan yang dia perintahkan bulan lalu telah mendaftarkan 222.000 dari 300.000 pasukan cadangan yang ditetapkan Kementerian Pertahanan Rusia sebagai tujuan awal. Sebanyak 33.000 dari mereka telah bergabung dengan unit militer, dan 16.000 dikerahkan untuk pertempuran, katanya.

Putin memerintahkan pemanggilan itu (mobilisasi militer) untuk meningkatkan pertarungan di sepanjang garis depan 1.100 kilometer (684 mil) di mana serangan balik Ukraina telah menimbulkan pukulan terhadap prestise militer Moskow.

Mobilisasi itu bermasalah sejak awal, dengan kebingungan tentang siapa yang memenuhi syarat untuk wajib militer di negara di mana hampir semua pria di bawah usia 65 tahun terdaftar sebagai tentara cadangan.

Oposisi terhadap ordo itu begitu kuat sehingga puluhan ribu orang meninggalkan Rusia, dan yang lainnya memprotes di jalan-jalan. Kritikus skeptis menyebut pendaftaran akan berakhir dalam dua pekan. Mereka memperkirakan hanya jeda untuk memungkinkan kantor pendaftaran memproses wajib militer reguler selama rancangan musim gugur tahunan Rusia untuk pria berusia 18-27 tahun, yang ditunda dari 1 Oktober hingga 1 November.

“Jangan percaya Putin tentang ‘dua pekan.’ Mobilisasi hanya dapat dibatalkan dengan keputusannya. Tidak ada keputusan, tidak ada pembatalan," tulis Vyacheslav Gimadi, seorang pengacara untuk Yayasan Anti Korupsi pemimpin oposisi yang dipenjara, Alexei Navalny, di Facebook.

Tidak Ada Mobilisasi Lanjutan

Ditanya tentang kemungkinan mobilisasi yang diperluas, presiden Rusia mengatakan Kementerian Pertahanan tidak memintanya untuk mengizinkannya.

“Tidak ada lagi yang direncanakan,” kata Putin, menambahkan, “Di masa mendatang, saya tidak melihat kebutuhan apa pun.”

Putin dan pejabat lainnya menyatakan pada bulan September mobilisasi akan mempengaruhi sekitar 300.000 orang, tetapi keputusannya yang memungkinkan tidak menyebutkan jumlah tertentu. Laporan media Rusia telah menyebutkan itu bisa mencapai 1,2 juta.

Putin juga mengatakan hanya mereka yang memiliki pengalaman tempur atau dinas yang akan direkrut. Dia kemudian mengakui pejabat militer telah melakukan kesalahan, seperti mendaftar cadangan tanpa latar belakang yang relevan. Pria yang menerima pelatihan minimal beberapa dekade lalu direkrut berbondong-bondong.

Laporan juga mengemuka bahwa beberapa rekrutan dikirim ke garis depan di Ukraina dengan sedikit persiapan dan peralatan yang tidak memadai. Beberapa tentara cadangan yang dimobilisasi dilaporkan tewas dalam pertempuran di Ukraina pekan ini, hanya beberapa hari setelah mereka direkrut.

Putin menanggapi kritik tersebut pada hari Jumat, dengan mengatakan semua rekrutan yang diaktifkan harus menerima pelatihan yang memadai dan bahwa dia akan menugaskan Dewan Keamanan Rusia “untuk melakukan inspeksi tentang bagaimana warga yang dimobilisasi dilatih.”

Ukraina Menolak Negosiasi dengan Rusia

Sebelum meluncurkan invasi pada 24 Februari, Putin mempertanyakan hak Ukraina untuk hidup sebagai negara berdaulat, menggambarkan negara itu sebagai bagian dari Rusia yang bersejarah. Ditanya tentang hal ini pada hari Jumat, dia mengulangi klaimnya bahwa Rusia siap untuk pembicaraan damai dan sekali lagi menuduh pemerintah Ukraina berhenti dari negosiasi setelah pasukan Rusia menarik diri dari Kiev di awal perang.

Ukraina menolak kemungkinan negosiasi dengan Putin setelah ia secara ilegal mencaplok wilayah Kherson, Zaporizhzhia, Donetsk, dan Luhansk Ukraina bulan lalu berdasarkan “referendum” yang dikecam oleh Kiev dan Barat sebagai tipuan.

Momentum medan perang telah bergeser ke arah Ukraina ketika militernya merebut kembali kota-kota dan desa-desa yang diambil Rusia di awal perang. Setelah menduduki Kherson, para pemimpin Kremlin yang didukung Kherson meminta warga sipil untuk mengungsi untuk memastikan keselamatan mereka dan memberi pasukan Rusia lebih banyak kemampuan manuver, Moskow menawarkan akomodasi gratis.

Deportasi Paksa

Rusia telah menyebutkan pergerakan orang Ukraina ke Rusia atau wilayah yang dikuasai Rusia sebagai sukarela, tetapi dalam banyak kasus mereka tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan ke wilayah yang dikuasai Ukraina, dan laporan telah muncul bahwa beberapa dideportasi secara paksa ke "kamp-kamp penyaringan" dengan kondisi kekerasan.

Investigasi Associated Press menemukan bahwa pejabat Rusia mendeportasi ribuan anak-anak Ukraina, beberapa yatim piatu, yang lain tinggal dengan keluarga asuh atau di lembaga, untuk dibesarkan sebagai orang Rusia.

Pasukan Ukraina melaporkan merebut kembali 75 tempat berpenduduk di Kherson utara pada bulan lalu, menurut Kementerian Reintegrasi Wilayah Pendudukan Sementara Ukraina. Kampanye serupa di Ukraina timur mengakibatkan sebagian besar wilayah Kharkiv kembali ke kendali Ukraina, serta sebagian wilayah Donetsk dan Luhansk, kata kementerian itu.

Saat mereka mundur, pasukan Rusia menambah kerugian mereka dengan meninggalkan senjata dan amunisi.

Rusia Kehilangan 6.000 Peralatan Militer

Di Amerika Serikat, Kantor Direktur Intelijen Nasional mempresentasikan slide pada hari Jumat (14/10) yang menyatakan bahwa setidaknya 6.000 peralatan Rusia telah hilang sejak dimulainya perang. Presentasi tersebut menguraikan tekanan besar pada industri pertahanan Rusia untuk mengganti kerugiannya dan mengatakan bahwa karena kontrol ekspor dan sanksi internasional, Rusia mengeluarkan amunisi pada tingkat yang tidak berkelanjutan.

Konstantin, seorang warga Kherson yang berbicara kepada AP hanya jika nama belakangnya dirahasiakan karena alasan keamanan, mengatakan konvoi truk militer telah bergerak di sekitar ibu kota wilayah tersebut dan akhirnya pergi. Sebagian besar kantor pemerintah telah mengurangi jam kerja, dan sekolah telah ditutup, katanya.

“Kota ini sekarang dalam ketegangan. Terutama militer Rusia dari markas besar dan keluarga kolaborator akan pergi,” kata Konstantin. “Semua orang sedang mendiskusikan kedatangan militer Ukraina dalam waktu dekat dan mempersiapkannya.”

Pasukan Rusia pada hari Jumat (14/10) melakukan serangan rudal di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, dan di wilayah Zaphorizhzhia, rumah bagi pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa. Pengawas nuklir PBB telah memperingatkan bahwa pertempuran di atau di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaphorizhzhia yang dikendalikan Rusia, yang sekarang ditutup, dapat memicu pelepasan radiasi yang membawa bencana.

Putin telah bersumpah untuk membalas jika Ukraina atau sekutunya menyerang wilayah Rusia, termasuk wilayah Ukraina yang dicaplok.

Serangan Ukraina

Namun wilayah Belgorod Rusia di perbatasan dengan Ukraina diserang untuk hari kedua Jumat. Menurut Gubernur Vyacheslav Gladkov, penembakan itu merusak sebuah gardu listrik, lima rumah di desa Voznesenovka dan sebuah saluran listrik, membuat beberapa desa terdekat untuk sementara tidak memiliki listrik. Tidak ada korban atau cedera yang dilaporkan.

Penembakan Ukraina meledakkan gudang amunisi di wilayah Belgorod pada hari Kamis, menurut Komite Investigasi Rusia. Laporan media yang belum dikonfirmasi mengatakan tiga perwira Garda Nasional Rusia tewas dan lebih dari 10 orang terluka.

Bersumpah untuk membebaskan semua wilayah yang diduduki Rusia, Jenderal Valeriy Zaluzhny, komandan angkatan bersenjata Ukraina, mengatakan dalam sebuah pesan video pada hari Jumat, “Kami telah mengubur mitos tak terkalahkan tentara Rusia.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home