Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:50 WIB | Kamis, 29 September 2016

Putin Puji Mendiang Shimon Peres

Mantan Presiden Israel, Shimon Peres (kanan) dan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas serta Paus Fransiskus, bertemu di Vatikan, Minggu, 8 Juni, untuk berdoa bersama. (Foto: AFP)

MOSKWA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Rusia Vladimir Putin memuji mantan presiden Israel Shimon Peres, yang meninggal dunia pada Rabu (28/9) di usia 93 tahun, atas keberanian dan patriotismenya.

“Saya cukup beruntung bisa berkesempatan berbicara dengan sosok luar biasa ini berkali-kali. Saya selalu mengagumi keberanian dan patriotismenya, kebijaksanaan dan visinya, kemampuannya untuk memahami esensi dari masalah yang paling sulit sekalipun,” kata Putin dalam sebuah pesan belasungkawa, seperti diberitakan AFP.

Putin mengatakan di Rusia, Peres dikenal sebagai pendukung setia perkembangan hubungan baik Rusia dan Israel. “Setelah mengupayakan kerja sama bilateral yang saling menguntungkan,” kata Putin, seperti dikutip Kantor Berita Antara.

Kremlin mengatakan Putin juga memuji Peres atas “kontribusi pribadinya untuk mewujudkan perdamaian di Timur Tengah”.

Menurut Times of Israel,  Peres meninggal pada usia 93 tahun setelah dirawat karena serangan stroke dan berjuang untuk tetap hidup di sebuah rumah sakit Tel Aviv.

Peres, menderita stroke berat pada 13 September lalu. Dokter mengatakan ia telah menunjukkan tanda-tanda perbaikan sehari kemudian dan terus meningkat selama beberapa hari. Tapi, pada hari Selasa (27/9), menurut Times of Israel, fungsi pernapasan dan ginjalnya menurun.  

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home