Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:03 WIB | Selasa, 05 September 2023

Putin: Tidak Ada Ekspor Gandum Ukraina di Laut Hitam, Sampai Barat Penuhi Tuntutannya

Gudang gandum yang rusak berat akibat serangan drone Rusia terlihat di kompleks pelabuhan di Danube, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di wilayah Odesa, Ukraina, pada 16 Agustus 2023. (Foto: dok.Reuters)

SOCHI, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan bahwa kesepakatan penting yang memungkinkan Ukraina mengekspor gandum dengan aman melalui Laut Hitam di tengah perang tidak akan terwujud sampai negara-negara Barat memenuhi tuntutan Moskow atas ekspor pertaniannya.

Ukraina dan sekutu Baratnya menolak tuntutan Kremlin dan menganggapnya sebagai taktik untuk memajukan kepentingan mereka sendiri.

Pernyataan Putin memupus harapan bahwa pembicaraannya dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan,  dapat menghidupkan kembali perjanjian yang dianggap penting bagi pasokan pangan global, terutama di Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

Rusia menolak untuk memperpanjang perjanjian tersebut pada bulan Juli, dengan mengeluh bahwa perjanjian paralel yang menjanjikan untuk menghilangkan hambatan terhadap ekspor makanan dan pupuk Rusia tidak dipenuhi. Dikatakan bahwa pembatasan pengiriman dan asuransi menghambat perdagangan pertaniannya, meskipun negara tersebut telah mengirimkan gandum dalam jumlah besar sejak tahun lalu.

Pangan Jadi Alat Tawar-Menawar

Putin pada hari Senin (4/9) mengulangi keluhannya, dan juga mengatakan kepada wartawan bahwa jika komitmen tersebut dihormati, Rusia dapat kembali ke perjanjian tersebut “dalam beberapa hari.”

Erdogan juga menyatakan harapannya bahwa terobosan bisa segera terjadi. Dia mengatakan Turki dan PBB, yang keduanya menjadi perantara kesepakatan awal, telah menyusun paket proposal baru untuk mengatasi masalah ini.

“Kami yakin bahwa kami akan mencapai solusi yang memenuhi harapan dalam waktu singkat,” kata Erdogan pada konferensi pers yang diadakan bersama Putin di resor Sochi, Rusia.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, mengecam dan mengatakan bahwa “permainan Putin dalam perjanjian gandum adalah hal yang sinis.”

“Hanya karena Putin, kapal barang tidak memiliki jalur bebas hambatan lagi,” katanya kepada wartawan di Berlin.

Banyak hal yang terjadi dalam negosiasi. Ukraina dan Rusia adalah pemasok utama gandum, jelai, minyak bunga matahari, dan barang-barang lainnya yang diandalkan oleh negara-negara berkembang.

Data dari Pusat Koordinasi Gabungan di Istanbul, yang mengatur pengiriman berdasarkan kesepakatan tersebut, menunjukkan bahwa 57 persen gandum dari Ukraina dikirim ke negara-negara berkembang, dengan tujuan utama adalah China.

Harga biji-bijian melonjak setelah Rusia menarik diri dari perjanjian tersebut namun kemudian kembali turun, menunjukkan bahwa tidak ada krisis besar di pasar saat ini.

Namun kegagalan untuk menghidupkan kembali perjanjian tersebut akan memiliki “dampak drastis” di negara-negara seperti Somalia dan Mesir yang sangat bergantung pada biji-bijian Laut Hitam, menurut Galip Dalay, seorang peneliti di lembaga think tank Chatham House di London.

Putin sedang mencari keringanan sanksi dan pada saat yang sama terlibat dalam “perang narasi,” kata Dalay, karena pemimpin Rusia tersebut “tidak ingin tampil sebagai orang jahat di mata negara-negara selatan akibat dari kerawanan pangan ini.”

Ukraina dan sekutu-sekutunya sering mencatat bahwa tindakan Rusia menyebabkan banyak negara berkembang berada dalam kesulitan, karena begitu banyak negara yang menerima bantuan gandum.

Mungkin dalam upaya untuk mengatasi tuduhan itu, Putin mengatakan pada hari Senin bahwa Rusia hampir menyelesaikan perjanjian untuk menyediakan gandum gratis ke enam negara Afrika. Bulan lalu, dia menjanjikan pengiriman ke Burkina Faso, Zimbabwe, Mali, Somalia, Eritrea dan Republik Afrika Tengah.

Pemimpin Rusia tersebut menambahkan bahwa negaranya akan mengirimkan satu juta metrik ton (1,1 juta ton) biji-bijian murah ke Turki untuk diproses dan dikirim ke negara-negara miskin.

Selain menarik diri dari perjanjian gandum, Rusia telah berulang kali menyerang wilayah Odessa, tempat pelabuhan utama Laut Hitam Ukraina berada. Beberapa jam sebelum pertemuan di Sochi, pasukan Kremlin melancarkan serangan kedua dalam dua hari di wilayah tersebut.

Angkatan udara Ukraina mengatakan pihaknya mencegat 23 dari 32 drone yang menargetkan wilayah Odessa dan Dnipropetrovsk. Namun tidak disebutkan secara spesifik kerusakan yang ditimbulkan oleh mereka yang berhasil melewatinya.

Rusia mungkin berharap dapat menggunakan kekuasaannya atas ekspor Ukraina di Laut Hitam sebagai alat tawar-menawar untuk mengurangi sanksi ekonomi Barat.

Beberapa perusahaan enggan berbisnis dengan Rusia karena sanksi tersebut, meskipun sekutu Barat telah memberikan jaminan bahwa pangan dan pupuk dikecualikan. Meski begitu, Moskow masih belum puas.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, pada hari Senin (4/9) mendesak Moskow untuk kembali ke perjanjian tersebut, dan menegaskan “tidak ada dasar hukum dan politik bagi Rusia untuk menarik diri dari perjanjian tersebut.”

Hubungan Putin dan Erdogan

Putin dan Erdogan, pemimpin otoriter yang keduanya telah berkuasa selama lebih dari dua decade, dikatakan memiliki hubungan dekat, yang terjalin setelah kudeta yang gagal terhadap Erdogan pada tahun 2016 ketika Putin menjadi pemimpin besar pertama yang menawarkan dukungannya.

Presiden Turki telah mempertahankan hal tersebut selama perang 18 bulan di Ukraina. Turki belum mengikuti sanksi Barat terhadap Rusia setelah invasi mereka, sehingga Turki muncul sebagai mitra dagang utama dan pusat logistik untuk perdagangan luar negeri Rusia.

Pada saat yang sama, Turki, yang merupakan anggota NATO, juga mendukung Ukraina, mengirimkan senjata, bertemu Zelenskyy, dan mendukung upaya Kiev untuk bergabung dengan aliansi Barat.

Rusia, sementara itu, telah mengambil langkah-langkah untuk memperkuat hubungan militernya dengan Korea Utara. Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, yang melakukan perjalanan ke Pyongyang bulan lalu, mengatakan pada hari Senin bahwa kedua negara mungkin mengadakan latihan perang bersama. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home